Breaking News

Kunjungan Bawaslu Kota Tasik Ke DPD PSI, Sampaikan Terkait Pilkada Serentak Tahun 2024

Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Dalam rangka memperkuat upaya pencegahan, Bawaslu Kota Tasikmalaya melakukan silaturahim dengan jajaran Pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Tasikmalaya di Sekretariat DPD PSI Kota Tasikmalaya, Jum'at, 22 Juli 2022.

Kedatangan Bawaslu Kota Tasikmalaya disambut langsung oleh Ketua DPD PSI Kota Tasikmalaya Erick beserta jajaran kepengurusan.

Mengawali pembicaraan, Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin, S.Sy mengatakan kedatangan Bawaslu Kota Tasikmalaya dalam rangka bersilaturahmi dan menyampaikan kewenangan dan fungsi Bawaslu untuk menghadapi penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak tahun 2024.

“Kedatangan kami disini, bertujuan untuk menyampaikan kewenangan dan fungsi Bawaslu dalam hal nantinya persiapan pendaftaran dan verifikasi parpol dan tahapan Pemilu yang akan datang,” ujarnya Ijang Jamaludin, S.Sy.

Selain itu, kedatangan Bawaslu Kota Tasikmalaya juga dalam rangka mengedepankan upaya pencegahan dan menyampaikan dalam proses pendaftaran parpol dan verifikasi bahwa Bawaslu mempunyai kewenangan sengketa.

“Sehingga momentum ini adalah bentuk upaya Bawaslu mengedepankan upaya pencegahan dan demi memperkuat lembaga Bawaslu sebagai lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengawasi Pemilu dan Pilkada."Tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Anggota Bawaslu Divisi Hukum dan Data Roni Sundawa Putra, S.IP., M.SI mengatakan proses penindakan adalah langkah terakhir untuk itu Bawaslu saat ini sangat mengedepankan upaya pencegahan ke seluruh peserta Pemilu dan masyarakat sebagai pemilih.

Sementara itu, Oni juga mengatakan bahwa kedepannya bawaslu akan membentuk Bawaslu di tingkat Kecamatan Se-Kota Tasikmalaya untuk meminimalisir sengketa.

“Jadi kami lebih kepada pencegahan terlebih dahulu, sebelum melakukan upaya penindakan."Ujarnya.

Adapun itu, dalam memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik, dirinya berharap agar pada saat verifikasi administrasi nanti harapannya semua sudah clear.

“Jadi dalam verifikasi administrasi, mengenai masalah kepengurusan parpol, dan lain sebagainya bisa clear. Dan bukan hanya pada saat tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol saja, namun semua tahapan kami lakukan upaya pencegahan."Harap dia.jjmat 22 juli 2022

Kehadiran Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tasikmalaya disambut hangat oleh Erick Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia. Dalam sambutannya, dirinya menyambut baik kedatangan Bawaslu Kota Tasik ke Sekretariat DPD PSI Kota Tasikmalaya.

Dengan harapan Pemilu ke depan bisa berjalan dengan aman dan demokratis sehingga Bawaslu diharapkan menjadi mitra Partai Solidaritas Indonesia dalam upaya pencegahan demi tercapainya pemilu di 2024, Bawaslu ini begitu kuat.

“Sebagai contoh, yang paling rentan itu adalah keterlibatan birokrasi, jadi diharapkan Bawaslu lebih kuat dalam mengawasinya, dan kami siap untuk menghadapi verifikasi parpol serta siap mengikuti Pemilu ini secara konstitusional."Sambutnya yang didampingi oleh sejumlah pengurus DPD PSI Kota Tasikmalaya

Reporter:Ditya

Tidak ada komentar