Breaking News

Kerja Sama Dengan Pihak Swasta, Walikota Tasikmalaya Targetkan 100 Masjid Direhab

Kota Tasikmalaya-Qjabar.com

Walikota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf menggandeng Gandara Group sebagai Perusahaan Swasta untuk membantu merehabilitasi Masjid yang ada di Kota Tasikmalaya.

Target Walikota tahun ini bisa tercapai 100 Masjid di Wilayah Kota Tasikmalaya yang bisa terehabilitasi oleh bantuan Gandara Group.

Gandara Group sendiri dalam membantu rehabilitasi Masjid-masjid sudah dari tahun 2008 hingga 2022. Sekarang, sudah ada 2000 Masjid yang telah di bantu oleh pihak perusahaan swasta Se-Priangan Timur.

Pada hari ini, Senin Malam (25/7/2022) Walikota Tasikmalaya bersama Gandara Group menyurvei langsung ke lokasi Masjid yang akan dibantu dan di berikanya berupa material yang di perlukan oleh DKM Masjid itu sendiri.

"Saya bersama Gandara Group survei Masjid yang akan direhabilitasi. Karena ini sudah menjadi program saya bersama mereka survei bantuan ke mesjid-mesjid yang sedang di rehabilitasi. Sasieureun sabenjeureun dengan Gandara Group membantu apa yang di butuhkan mesjid yang sedang di rehab."Ucap HM Yusuf Walikota Tasikmalaya, Senin Malam (25/7/2022) dilokasi survei Masjid kepada wartawan.

Menurutnya, bantuan yang akan diberikan itu semoga bermanfaat dan meneruskan pembangunan Masjid di Wilayah Kota Tasikmalaya.

Yusuf mengatakan masih banyak yang harus Pemkot Tasikmalaya harus melakukan rehabilitasi Masjid.

"Kita sudah menyelesaikan masjid sampai sekarang ini sebanyak 34 Masjid."Singkatnya.

Ia menerangkan, sebagian besar Masjid yang lainya sudah selesai, "Tinggal yang keenam kita survei akan segera bantuanya disalurkan. Tergantung pihak DKM Masjid itu sendiri yang mengolah tentang bantuan itu."Sebutnya.

"Kita membantu, bukan dalam bentuk uang tetapi bentuk barang (Material). Mereka butuh keramik kita siapkan keramik ukuran sesuai kebutuhan, dan mereka butuh GRC seperti sekarang ini dan semenya kita siapkan. Ini adalah bentuk kerja sama saya dan Gandara Group, karena kalau saya sendiri dari bale kota membantu tidak akan seberapa, makanya saya menggandeng pihak swasta."Tutur dia.

Targetnya, kata HM Yusuf, dalam setahun ini kalau kekejar, semoga bisa 100 Masjid di Kota Tasikmalaya terehab.

"Ternyata di kota itu, sarana ibadah masih banyak di butuhkan. Dan saya dengan teman saya di khususkan untuk diluar dari Masjid Jamie, diluar Masjid Pesantren tetapi Masjid rehab itu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat."Bebernya.

Adapun itu, Walikota Tasikmalaya berpesan kepada masyarakat yang Masjidnya sudah di rehab, "Jangan jadi masjid kosong, harus di makmurkan terutama sosialisasi ke masyarakat. betul-betul di manfaatkan dan banyak di harumkan."Ujarnya.

Sementara itu, Zaenal Syamsudin selaku Adik Owner Gandara Group, dia menyampaikan bahwa survei hari terakhir Masjid keenam itu untuk di Wilayah Kota Tasikmalaya.

"Kita ini ada program renovasi Masjid dan awalnya kakak saya, dan beliau kebetulan lagi sakit hari ini."Sambung dia.

Sudah dari 2008, ungkap Zaenal, Pembangunan renovasi Masjid oleh Kakaknya itu hasil dari menyisihkan sebagian pendapatananya untuk membantu renovasi Masjid.

"Sampai saat ini sekitar 2000 Masjid dari Tahun 2021, di Kabupaten Tasik ada 177 dan 2022 mungkin baru ada sekitar 80 Masjid dan untuk di Kota Tasik baru 35 sampai sekarang."Tegasnya.

Kendati, dari awal sampai akhir penyurveian Masjid, Walikota Tasikmalaya bersama Gandara Group disambut hangat oleh masyarakat dari setiap kunjungan ke Masjid yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Sementara keenam Masjid yang sudah di survei tersebut adalah Masjid Aboh, Masjid An-nur Panyingkiran, Masjid Kp Cikoneng Sukamaju Kaler, Masjid Depan SMK MJPS 1, Masjid Sukagenah Nagarasari, dan Masjid Mulyasari, Kecamatan Tamansari.

Reporter: Rz

Tidak ada komentar