Breaking News

Empat Desa Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Di Kecamatan katapang

Kabupaten Bandung - Qjabar.com 

Deklarasi stop buang air besar sembarangan (SBS) atau juga disebut Deklarasi open Defecation Free (ODF) ada beberapa desa yang perlu dicermati desa Stop buang air sembarangan (SBS) diantaranya desa Pangauban, desa banyusari, desa Gandasari dan desa Sangkanhurip kegiatan tersebut diadakan di Aula Kantor Kecamatan katapang. 

Deklarasi tersebut dihadiri Camat katapang Ir.Taupik Wahid Ariana,MT , Sekcam Junjunan, Dinas kesehatan, puskesmas, koramil, polsek dan para kepala desa, tujuan dari Deklarasi tersebut adalah stop buang air besar sembarangan agar tidak terjadi penyebaran bakteri dan kuman melalui tinja yang dikeluarkan saat Bab. 

Dikatakan camat katapang Ir. Taufik Wahid Ariana, MT dalam arahannya kecamatan katapang merupakan penyangga ibu kota kabupaten bandung semestinya bebas dari BABS , dan agar para kepala desa memberikan kesadaran dan sosialisasi kepada warganya untuk tidak buang air besar sembarangan. 

Dari tim forum kabupaten bandung sehat yang rencananya akan ada tim verifikasi ke kabupaten bandung dari provinsi jawa barat ini merupakan program dari pemerintah pusat , kami dari kecamatan katapang bersama dengan empat kepala desa mengadakan Deklarasi Stop buang air sembarangan (SBS). 

Ini merupakan program nasional kita akan dukung program tersebut karena wilayah kecamatan katapang yang terlewati sungai citarum, dengan adanya Satgas citarum harum sungai citarum semakin baik untuk itu kita akan menjaganya yaitu dengan cara menerapkan open Defecation Free (ODF) agar sungai citarum tidak tercemar dari bakteri ecoli  yang bisa mengganggu kesehatan. 

Untuk mendapatkan level wistara kita harus mencapai seratus persen SBS agar bisa mencapai level tersebut kita harus memicu dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai penyebaran penyakit melalui kotoran yang kita buang (bab). 

Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan kita harus bersama-sama mencegah penyebaran penyakit dengan membuat sepitang agar kotoran tidak menyebar bebas dan lingkungan bisa terjaga.

Reporter:(Yun.s)

Tidak ada komentar