Breaking News

Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat

Cigalontang Tasikmalaya - Qjabar.com

Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya giat sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat ( Germas ) di Aula Puskesmas Kecamatan Cigalontang . 

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Cigalontang diantaranya perwakilan dari Koramil dan Polsek Cigalontang serta 9 Kepala Desa  . 

Eva Sri Sugiarti S.KM.Msi., sebagai Seksi Sub Kordinator Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya mengatakan "  Jadi hari ini kami melakukan sosialisasi pembentukan kampung Germas ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) . Dimana kampung Germas ini merupakan salah satu upaya bagaimana dalam mewujudkan dan meningkatkan kesehatan masyarakat " Ungkapnya saat di temui wartawan seusai acara . Rabu (06/07/22) 

Lanjut Eva , Dalam kampung Germas ini terdapat 5 Cluster diantaranya peningkatan aktifitas fisik , lingkungan sehat , pangan sehat ,  PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan Edukasi . Jadi minimal jika masyarakat ini melakukan 5 Cluster di harapkan masyarakat bisa mewujudkan masyarakat yang sehat . 

Kampung Germas ini menurutnya  bagaimana membudayakan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat . Diharapkan dengan adanya kampung Germas ini masyarakat bisa lebih teratur dan terukur . 

" Misalnya ada 100 Rumah Tangga di harapkan ketika nanti kita memberikan intervensi ke kampung Germas yang jumlah nya 100 KK ini akan terlihat nanti di evaluasi bagaimana implementasi di Kampung Germas tersebut . " imbuhnya 

Karena Germas ini urusannya prilaku jadi merubah prilaku ini tidak semudah membalikan telapak tangan , tapi membutuhkan kerjasama lintas sektor , lintas program . Jadi bukan hanya orang  kesehatan saja tetapi harus berjenjang dari mulai tingkat desa hingga RT, RW serta Tokoh dan Ulama harus betul-betul berkomitmen dalam upaya Masyarakat ini bisa hidup sehat . 

Selain itu di lain tempat Kepala Puskesmas Cigalontang Iwan Setiawan S.kep.Msi.,mengatakan " Ini kan peningkatan kualitas Kesehatan di Kecamatan Cigalontang jelas kami sangat mendukung sekali dan saya sangat berterimakasih sekali dengan kedatangan dinas , karenakan puskesmas ini ada di preventif,promotif mungkin salah satu bagian preventif promotif itunya . " Ujarnya 

Menurutnya ,jadi kan ini cakupannya desa siaga, Germas , KBkes  dan juga pandemi kan belum usai . jadi langkah kita selain vaksin kita di preventif promotif. 

" Saya berharap kedepannya derajat kesehatan di Kecamatan Cigalontang bisa lebih meningkat dalam bidang preventif promotif . " Pungkas Iwan . 

Reporter : Ilham TR

Tidak ada komentar