Breaking News

Program (P3-TGAI) Desa Puntang Berjalan Baik Sesuai Standar Operasional Prosedur

Kabupaten Indramayu - Qjabar.com 

Pengerjaan proyek dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) lokasi D.I, Rentang, Desa Puntang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Brat. Berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air. 

Program tersebut untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi secara partisipatif.

Ketua kelompok tani Tirta Sumber Agung Rusmin, patut dapat acungan jempol,Inilah komitmen kelompok tani,”  Tirta Sumber Agung “ . cara membangun  saluran irigasi dari program P3-TGAI  dengan kualitas yang baik dikerjakan oleh sejumlah P3A Mitra Cai dengan transfaran dan terbuka.
Proyek ini dikerjakan dengan metode swakelola, pemberdayaan, partisipatif, dan padat karya yang melibatkan masyarakat setempat melalui Perkunpulan Petani Pemake Air (P3A) Tirta Sumber Agung .
Sementara ketua kelompok tani Tirta Sumber Agung Rusmin,  menjelaskan, “Proyek peningkatan jaringan irigasi  ini menelan anggaran Rp195 juta. Dengan Volume panjang 400 Meter kanan kiri, tinggi 70 Cm, pondasi 30 Cm, Adapun sumber dana berasal dari APBN murni Tahun 2022 dengan nomor PKS: 052/PKS/P3-TGAI/At/5/2022. Dengan jumlah pekerja kurang lebih sekitar 25 orang.” Ungkapnya kepada Qjabar.com, Kamis (02/06/2022).

Rusmini menambahkan" Alhamdulillah Desa Puntang  ini mendapat bantuan Program P3-TGAI  dengan diterimanya program tersebut sehingga memudahkan petani untuk meningkatkan kualitas pertanian setempat. Saya berharap dengan dibuat nya saluran irigasi dari program bantuan mitra cai ini dapat menjadi sarana petani dalam meningkatkan kualitas dari hasil pertanian lokal. Dan alhamdulillah realisasi program ini dilapangan  hampir selesai dikerjakan lihat sendiri hasilnya sangat memuaskan bisa buat contoh, "ujar Rusmin. 

Reporter   : Bang Toy

Tidak ada komentar