Breaking News

Digerus Hujan, Tebing Selokan Jujung Ancam Salah Satu Rumah Warga

Cigalontang.Tasikmalaya - Qjabar.com

 Selokan Jujung merupakan selokan yang mengairi puluhan hektar sawah milik warga yang berlokasi di wilayah Desa Lengkong Jaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Seringkali warga bergotong royong untuk memperbaiki selokan tersebut terutama di musim penghujan karena di sekitaran selokan terdapat banyak tebing yang curam dan sering terjadi  longsor dari mulai longsoran kecil hingga longsoran skala besar. 

Sehingga memaksa warga turun ke lapangan untuk memperbaiki selokan tersebut. Dan yang paling parahnya lagi tepat nya di Kampung Parawan Rt,O6/03 Desa Lengkong jaya .

Di atas selokan tersebut terdapat salah satu bangunan rumah milik warga yang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan ,pondasi rumah sudah tergerus air sehingga mengakibatkan longsoran kecil. 

" Terjadi longsor ini sudah dua kali, yang pertama sudah sekitar lima bulan yang lalu dan dibantu oleh warga  bergotong royong memperbaikinya serta menyusun karung yang di isi dengan maksud untuk menahan tanah supaya tidak terjadi longsor lagi.tetapi karena hujan terus menerus mengguyur sehingga penahan tanahnya gak kuat  karena memang cuma pakai tiang bambu dan tumpukan karung yang di isi oleh tanah dan terjadi longsor yang lebih parah sehingga kondisinya sudah seperti ini." Ucap Dadi kepada wartawan saat di temui di kediamannya. Senin (13/06/22) 

Lanjut Dadi, " Saya merasa tidak tenang dan tidak nyaman serta takut,apalagi kalau pas malam tiba-tiba turun hujan yang sangat deras takut terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan sieun urug (Takut longsor) " . imbuh nya

Selain itu Ia juga berharap segera ada perhatian baik dari pemerintah setempat maupun dari dinas terkait untuk membantu atau mencari solusi agar tidak terjadi longsor untuk kesekian kalinya, "Pungkasnya .

Tidak ada komentar