Breaking News

Sukses Gelar RAT Di Masa Pandemi, Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Tuai Banyak Apresiasi

Kabupaten Bandung Utara - Qjabar.com

Meski pandemi belum usai, Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 di kantor Perhutani KPH Bandung Utara, Rabu (30/3). Hal ini pun menuai banyak apresiasi dari sejumlah pihak. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Atet Dedi Handiman melalui Kepala Balatkop dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung Herna Hendriana dalam sambutannya menilai Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara sebagai koperasi yang sehat dan berprestasi. 

Herna menyatakan apresiasinya kepada Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara yang sudah sukses menggelar RAT secara konsisten. Menurutnya,  RAT ini merupakan cerminan ketaatan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara terhadap perundang-undangan koperasi.  

"Mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung kami ucapkan terima kasih dan selamat melaksanakan kegiatan RAT," katanya. 

Herna menyebutkan ada 3 pilar penting yang membuat Primkopkar  Perhutani KPH Bandung Utara ini bisa berjalan dengan baik dan berprestasi. Yakni, faktor pembina baik eksternal maupun internalnya yang peduli dan memberi peluang usaha. Lalu, kepengurusan atau pengelolanya yang memiliki kompetensi yang luar biasa, menerapkan sifat yang dicontohkan nabi dan istiqomah menjalankannya. 

"Terakhir tentu faktor anggotanya yang aktif. Rajin menyimpan, rajin meminjam dan rajin mengembalikan," sebutnya. 

Senada dengan Herna, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung Usep Sumarno menuturkan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara ini pengelolaan uangnya baik. Sehingga, tidak heran memiliki sejumlah aset dan bahkan menghasilkan SHU. Selain itu, anggota yang hendak meminjam atau mengambil uang tabungannya tidak akan khawatir karena uangnya selalu ada. 

"Karena prestasinya ini, Dekopinda Kota Bandung memberikan sejumlah penghargaan baik secara organisasi sebagai koperasi terbaik kategori koperasi konsumen, maupun secara personal kepada ketua dan pembinanya secara berturut-turut sebagai tokoh penggerak koperasi," jelasnya. 

Lanjut Usep, hal istimewa lainnya dari Primkopkar ini adalah memiliki usaha lain di luar simpan pinjam. Yakni, jasa pengelolaan parkir objek wisata Orchid Forest yang berjalan dengan baik dan profesional. 

Sementara itu, Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Uum Maksum mengatakan, berdasarkan laporan dari RAT ini, ia menilai Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara ini berjalan dengan sangat baik. Meskipun diterjang pandemi selama sekitar 2 tahun, Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara masih bisa terus tumbuh.  

"Prestasi ini tentunya berkat dukungan berbagai pihak. Mulai dari pengurusnya yang solid, dukungan manajemen Perhutani, Dekopinda Kota Bandung,  Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, mitra usaha dan banyak lagi," sebutnya. 

Uum merasa bersyukur karena setelah sekian lama Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara bisa kembali menggelar RAT dengan tatap muka. 

Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni menambahkan moment RAT tahun ini dirasa spesial karena bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Perhutani yang ke-61. RAT tahun buku 2021 ini bisa terselenggara berkat kerja keras seluruh jajaran pengurus dan anggota  Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara serta pihak lain yang turut membantu.  

"Kami sampaikan juga banyak terima kasih kepada Dinas KUKM Kota Bandung dan Dekopinda Kota Bandung atas arahan serta bimbingannya. Sehingga,  Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara bisa konsisten menggelar RAT setiap tahunnya," ucapnya. 

Reni juga mengapresiasi mitra usaha dalam hal ini Orchid Forest yang selama ini sudah berkolaborasi dengan baik dalam mengelola jasa parkir di kawasan wisata Orchid Forest. Reni berharap kedepan manajemen Perhutani memberikan peluang usaha lain untuk menambah kesejahteraan anggotanya.

Reporter:Fajar

Tidak ada komentar