Breaking News

Louching Rumah Restorative Justice Adhyaksa Di Resmikan Langsung Kejari Kota Tasik Fajaruddin Yusuf

KotaTasikmalaya - Qjabar.com

Rumah sauyunan kini di resmikan pihak kejaksaan negeri (Kejari) Kota Tasikmalaya Fajaruddin Yusuf SE,SH,MH. Yang berlokasi di jalan sambongjaya kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, "Rabu 16 maret 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Taslim SH, sekertaris daerah (Sekda) Drs Ivan Dicksan, juga dari pihak TNI juga kepolisan beserta jajaran tamu undangan lainnya.

Kejari Kota Tasikmalaya Fajaruddin Yusuf menyampaikan,"kita sudah bersama sama menyaksikan serta meresmikan Lounching Rumah Restorative Justice Adhyaksa. Merupakan program kejaksaan agung peraturan jaksa agung nomor 15 tahun 2020. Tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restorative.

Bahkan tadi sudah menyaksikan secara terbuka di seluruh indonesia telah dilakukan, termasuk di jawa barat salasatunya di Kota Tasikmalaya.

"Bahwa manpaat adanya Rumah RJ ini terkait penyelesaian permasalahan tentang hukum , itu bisa di selesaikan di Rumah RJ ini, dengan mengedepankan hukum adat juga kearipan lokal yang bersipatnya melibatkan para tokoh tokoh dari beberapa pihak, "katanya.

Selain itu , tidak semua perkara masuk di proses di persidangan, sepanjang sarat adanya kesepakan kedamain dari beberapa pihak juga tokoh, dan itu bisa di selesaikan di rumah RJ.

Bahwa kepemilikan atau milik perkara adalah penuntut umum satu satunya lembaga yang di berikan kewenangan oleh undang undang ,apakah perkara itu bisa di lanjutkan ke persidangan apakah tidak,"ujar Fajaruddin 

Disini kewenangan kebijakan kejaksaan bukan lembaga yang lain, tidak ada lembaga penuntut umum selain kejaksan yang mempunyai kewenangan, dan 8nilah perwujudan semua salasatunya rumah RJ, dan ini telah didukung dan ini berkat kerjasama semua unyuk mewujudkan rumah RJ, "Pungkas Dia.

Ditempat yang sama ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Taslim SH menambahkan, "dengan berdirinya rumah RJ memerlukan dukungan dari semua pihak, dan pihak DPRD sangat mendukung dengan lounchingnya rumah Restorative Justice Adhyaksa, mudah mudahan Kota Tasikmalaya bisa lebih baik lagi dalam penaganan kasus hukum, "Singkat Ketua DPRD H Taslim SH.

Rep: Ditya




Tidak ada komentar