Breaking News

Lestarikan Budaya Lokal Jabar, SMAN 10 Kota Tasikmalaya Gelar Festival Payung Geulis Rekor MURI

Mangkubumi Kota Tasik - Qjabar.com

Untuk menumbuhkan cinta budaya lokal dan mengembangkan kreativitas budaya lokal  yang tumbuh sejak dahulu salah satunya adalah adalah payung geulis yang sudah menjadi ikon Tasikmalaya.

Payung geulis sebagai kearifan lokal kota Tasikmalaya memiliki nilai kultural, ekonomis, dan estetis yang cukup tinggi,tentunya terlihat oleh pantauan wartawan Q'Jabar.com,
terlihat sejumlah siswa melukis payung geulis pada Festival, Lomba dan Rekor Melukis 2022 Payung Geulis Se-Jawa Barat di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (19/3/2022).

 Pada kegiatanFestival itu mengusung tema "Ekspresikan Imajinasimu di Payung Geulis", dengan melukis payung geulis diharapkan  dapat memberikan kesempatan siswa di Tasikmalaya.Festival ini merupakan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) itu memecahkan rekor MURI dengan diikuti sebanyak 20350 peserta secara langsung dan daring.

Ketua panitia Festival payung geulis DR.Yonandi S.Si MT mengatakan,kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap warisan budaya lokal indonesia terutama di Tasikmalaya,tidak hanya kalangan tertentu saja yang masih menghargai atau mengapresiasi payung geulis ini,sehingga dengan event ini terlihat dengan pelestariannya melalui siswa .

"Dengan adanya kegaiatan Festival ini,untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap warisan budaya lokal Indonesia,terutama di Tasikmalaya Jawa Barat.Tentunya, tidak hanya kalangan tertentu saja yang masih menghargai atau mengapresiasi payung geulis ini,sehingga dengan Event ini terlihat dengan pelestariannya melalui siswa kami yang ada di SMA N 10 Kota Tasikmalaya.

Tema yang diusung yakni Ekspresikan Imajinasimu di Payung Geulis, diharapkan dapat memberikan kesempatan siswa di Tasikmalaya, umumnya Jawa Barat untuk kreasi, dengan begitu muncul keberanian generasi muda dalam mengekspresikan kemampuan dirinya.

Lanjutnya,kegiatan tersebut menjadikan payung geulis sebagai usaha pilihan generasi muda yang menjanjikan. Karena payung geulis ini, dapat menumbuhkan nilai seni dan ekonomi kreatif daerah. “Payung geulis sebagai usaha pilihamn generasi muda sehingga, mampu mendorong generasi muda untuk melanjutkan sebagai pengrajin payung geulis."Pungkasnya.


Jurnalis:(dan)

Tidak ada komentar