Breaking News

AKPAR Kembai Gelar Upacara PBN "Membangun Jiwa Patriotisme di Era Milenial"

Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Bela negara merupakan salah satu upaya pertahanan, pembelaan negara serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara baik menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam negara maupun memajukan bangsa melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa. 

Dalam hal itu  Akademi Pariwisarta Siliwangi (AKPAR)Tasikmalaya menggelar Pendidikan Bela Negara (PBN) tahun akademik 2021/2022.Kegiatan ini bertujuan membentuk dan menumbuhkan jiwa yang berkarakter kejuangan dalam bela negara pada mahasiswa.
Kegiatan itu mengusung tema"Membangun Jiwa Patriotisme di Era Milenial".

Pelaksanaan upacara pendidikan bela negara(PBN) ini dilaksanakan di halaman Gedung Kesenian komlek Dadaha Kota Tasikmalaya yang diikuti oleh 65 mahasiswa angkatan tahun 1 dan 2  ini akan dibekali beberapa materi dan presentasi yang berkaitan dengan penamaman mental bela negara.Selasa(08/03/2022).

Materi tersebut akan disampaikan oleh pihak TNI, Polri, BPBD serta dari pihak Yayasan  yang dilanjutkan materi lapangan, salah satu materinya adalah latihan baris berbaris.

Direktur Utama AKPAR Tasikmalaya Drs.Hj.Tuti Iriani M.Pd mengungkapkan pada pelaksanaan PBN kali pihaknya sangat menjaga sekali penerapan protokol kesehatan, apalagi saat ini Kota Tasikmalaya ada pada saat ini.

"Meski di tengah pandemi ini kita menggunakan penerapan protokol kesehatan secara ketat, setiap peserta menggunakan masker, jaga jarak, dan peserta upacara dibatasi,namun tidak menyurutkan rasa semangat patriotisme kami terhadap negara ini kami tetap bisa menyelenggarakan PBN ini sesuai rencana dan lancar."Paparnya.

Selain itu,Ia juga  mengungkapkan PBN sangat penting untuk diberikan sebagai bekal para mahasiswa, agar memimiliki nilai juang yang tinggi,sebab  menurutnya bela negara tidak dapat dipisahkan dari Ketahanan Nasional. 

"Bela negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsanya dan memiliki nilai juang yang tinggi,meskipun mahasiswa kami jurusan perhotelan dan Pariwisata,akan tetapi disini kami akan melahirkan mahasiswa yang berkarakter tinggi yang sesuai dengan namanya yaitu Siliwangi."Tambahnya.
 
Sementara Ketua Umum Yayasan Siliwangi  Brigjen TNI(Purn)H.Eko Irianto S.Ip mengatakan ,kegiatan PBN ini harus tetap cinta tanah air,jangan sampai putus atau lepas,karena dengan kondisi saat ini kita akan dibingungkan dengan media sosial, "dalam kondisi apapun rasa cinta terhadap tanah air ini kita jangan sampai putus,karena dalam kondiai saat ini kita akan dibingungkan oleh media sosial,dan harus terus  belajar sejarah yang benar,sehingga para mahasiswa nantinya tidak akan bingung ketika dibolak-bolojan tidak akan bingung."ujarnya.
 
Ditempat yang sama pembina YUS Mayjen TNI (Purn)H.Dedi Kusnadi Thamim memberikan pesan kepada mahasiswa AKPAR,"mereka adalah generasi penerus bangsa,dan harapan kami mereka harus memiliki sikap belanegara yang haus muncul didalam dirinya dan ditambah dengan pendidikan,akan lebih melekat dalam dirinya.

Mahasiswa adalah orang-orang yang cerdik dan cendikiawan, dimana harus memiliki sikap dan pikiran yang selalu membela negara," pungkasnya.

Sebagaimana dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara." dan pasal 30 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi "Tiap-tiap warga negara7 berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Kesadaran akan bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan rela berkorban dalam membela negara. Dengan melaksanakan bela negara tersebut merupakan bukti kecintaan warga negara terhadap tanah air dan merupaka wujud dari warga negara bahwa ia berbakti pada nusa dan bangsa.

Jurnalis : (dan)

Tidak ada komentar