Breaking News

Universitas Bina Nusantara Dorong Desa Pasirmulya Untuk Menjadi Desa Wisata

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Universitas Bina Nusantara hadir di Desa Pasirmulya dengan program yang dilaksanakan pada desa dan keterkaitannya adalah dengan pendanaan dari Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan teknologi  (menristekdikti) kehadiran Universitas Binus  di desa Pasirmulya adalah demi membantu peningkatan yang salah satunya dari segi pariwisata yang perlu di bina dan dikembangkan. 

Dikatakan Manager komuniti development Akademik BINUS Universiti Ibu Retno yang juga seorang Dosen di Binus universiti, mengajak kepada para akademisi untuk mendukung program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) mengajak dosen dan mahasiswa untuk turut serta melakukan riset belajar dan pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam hal ini saya selaku dosen memiliki output riset yaitu Prowebdewi ini adalah aplikasi yang dipergunakan untuk membantu bagi kelompok sadar wisata dalam mendokumentasikan kinerja dari sadar wisata yaitu dalam pengembangan desa wisata, dari aplikasi ini diharapkan terkoneksikan antara pengelola desa wisata dengan stekhoder pihak-pihak yang berkepentingan yang mana disebut pentahelix. 

Pentahelix itu sendiri terdiri dari Universitas, komunitas itu sendiri, dari sisi bisnis, desa, dinas pariwisata dan media , kenapa pentahelix ini penting di desa sadar wisata contohnya bahwa universitas itu perlu untuk menjadi inisiator yang mendampingi teman-teman kelompok sadar wisata untuk bisa berkreasi dan mewujudkan Mimpi-mimpinya untuk menjadi desa wisata. 

Kita tau bahwa desa wisata itu apabila nantinya bisa Sangat-sangat menarik membuat wisatawan untuk datang dan banyak uang yang didapatkan dari desa wisata untuk bisa mensejahterakan masyarakatnya. 

Obyek wisata yang ada di desa Pasirmulya ada tiga potensi yang sekarang ada diantaranya wisata wangun dimana sudah ada kerja sama dengan pihak kehutanan, arena motor cross dan gedung budaya yang bisa menjadi pusat budaya, diharapkan prilaku masyarakat untuk bisa merawat dan memelihara lingkungan yang ada di desa wisata kami juga akan membagikan HP dan laptop bagi bagi kelompok sadar wisata. 
Ditambahkan Kepala bidang pengembangan destinasi wisata Desy Aryanti dengan adanya kegiatan yang diadakan Universitas Bina nusantara di desa Pasirmulya diharapkan  pemerintah Daerah berkelanjutan kegiatan tersebut, dan untuk kedepannya pihak pemerintah Daerah akan mensuport kegiatan kelompok desa sadar wisata  yang ada di desa Pasirmulya yang nantinya dengan adanya destinasi wisata yang berkembang dan bisa menghasilkan uang yang dapat mensejahterakan masyarakatnya. 

Desa Pasirmulya semoga kedepannya menjadi desa wisata yang menjadi prioritas yang ada di kabupaten bandung, sementara dari pemerintah daerah juga sudah ada sosialisasi bagi desa-desa wisata untuk bisa menjadi desa wisata berkembang dan menjadi lebih maju. 

Sekdes Pasirmulya Sutisna mewakili Kades, kami akan mendukung program bagi masyarakat desanya dengan memberikan sosialisasi dan bintek mengenai kepariwisataan dan mudah-mudahan desa Pasirmulya bisa berkembang dengan destinasi wisatanya yang bisa meningkatkan tarap hidup bagi warga desa Pasirmulya. 

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, yakni dari 20 sampai 23 Desember 2022 guna mendorong Desa Pasirmulya menjadi desa wisata.

“Ilmu-ilmu atau teknis dari binus melalui Pokdarwis, ada 3 kegiatan di tempat berbeda, yakni Kampung Wangun, Gedung budaya, di Aula Desa dan SD Sirnagalih,” tuturnya.

Dijelaskannya pula, di pilih Kampung Wangun karena ada tiga jenis kopi di Pasirmulya dari mulai kopi wangun, kopi puntang dan intina kopi. 

Sekdes juga mengucapkan terimakasih kepada Universitas Bina Nusantara dan Dinas Pariwisata kabupaten bandung yang telah membantu desa Pasirmulya dalam meningkatkan desa wisatanya, "Pungkasnya. 


Reporter:(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar