Breaking News

Dampak Pandemi, Seorang Kendek Truk Banting Stir menjadi Pengrajin Bambu

Kabupaten Tasikmalaya - Qjabar.com

Bambu merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai benda kerajinan. Kerajinan dari bambu merupakan jenis kerajinan yang sangat digemari oleh masyarakat. Maka tak jarang banyak pengrajin yang memanfaatkan bambu sebagai benda kerajinan. 

Salah satunya yaitu Rizkiyana asal Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan seorang kendek truk yang putus kerja di karenakan sepi nya orderan dari dampak covid- 19 ,sehingga ia terjun ke dunia kerajinan terutama kerajinan tangan . 

"Dari dampak nganggur baru-baru ini kami coba iseng membuat kerajinan tangan Perahu Layar dikarenakan saya suka dalam hal seni dan saya coba inspirasi yang saya impikan di buat dalam bentuk kerajinan tangan, "ungkap Rizki kepada  Qjabar.com di tempat kediamannya . Minggu (14/11/2021) 

Lanjut ia, "bahan-bahan semuanya berasal dari bambu , dan saya membuat bentuk perahu layar ini mencoba tidak ingin ter campurkan dengan bahan-bahan yang lain ,karena saya mengambil konsep kesenian dari bahan bambu.

Ia juga mengatakan, "Untuk jenis dan model tergantung pesanan saja maunya kayak apa , ukuran nya berapa , dan harga tergantung kerumitan , model dan variasi namun jika ukuran tergantung pesanan , meskipun ukuran 1-2 meter juga saya kerjakan,"ujar nya

Meskipun sempat terkendala bahan, ia mengatakan terutama Lem dikarenakan harga yang tergolong mahal karena untuk menunjang kualitas kerajinan tersebut. 

"Alhamdulillah  kemarin kemarin juga meskipun pembuatannya agak terkendala ada dari bandung dan dari  Unsil ( Universitas Siliwangi) sudah pesan 2 buah, "imbuhnya 

ia juga menuturkan baru hanya dukungan dan pujian saja dari pihak pemerintah setempat , terkait untuk memfasilitasi dari pihak pemerintah setempat sampai saat ini belum ada . 

Selain itu , ia juga berharap mudah mudahan bisa menjadi oleh oleh atau cenderamata ciri khas pantai Sindangkerta dan juga terutama bisa meningkatkan ekonomi bagi pengrajin lokal di Desa Sindangkerta,"pungkas Dia

Reporter: Ilham
Editor: Ek

Tidak ada komentar