Breaking News

Bazar Aneka Ikan Untuk Meningkatkan Gizi dan Pemulihan ekonomi Di era Pandemi Covid-19

Kota Bandung - Qjabar.com

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun lebih dan terbukti sangat berbahaya bagi siapa saja, baik diri sendiri maupun orang lain. Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat tetapi juga pada sektor perekonomian, sehingga tidak sedikit masyarakat yang terdampak nya. 

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat bersama Forikan Jabar dan Forkom Poklah DKP Jabar Juara berupaya membangkitkan kembali perekonomian salah satunya dengan menyelenggarakan Bazar Produk Kelautan dan Perikanan, yang selama pandemi terhenti. 

Kegiatan bazar tersebut rencananya akan dilaksanakan pada hari jumat, 12 November 2021 bertempat di Halaman Parkir Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat,  Jalan Wastukencana No 17 Kota Bandung, mulai pukul 07.00 sampai dengan 15.00. 

Selain Bazar produk perikanan,  pada kegiatan itu pula dilaksanakan Demo Masak berbahan olahan ikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, dibantu oleh Kabid Pilahsar dan Ketua Harian Forikan Jabar. Tujuannya adalah memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. 

Kabid Pilahsar, Dr. Erlina Dalisaputra, SP.t.MT menjelaskan bahwa kegiatan yang akan berlangsung selama satu hari itu bertujuan untuk memperkenalkan produk perikanan dan kelautan dalam rangka mewujudkan gerakan makan ikan dan meningkatkan konsumsi ikan di Jawa Barat. Karena ini masih pandemi covid-19, maka kegiatan tersebut dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. 

Ketua Harian Forikan Jabar, Ibu Herni Herdiani, MT menyampaikan bahwa
“kegiatan ini diikuti sedikitnya 30 kelompok usaha atau UMKM yang mengisi sebanyak 20 stand dan  juga tersedia banyak doorprize untuk masyarakat yang hadir dan berbelanja” ucapnya. 

Produk yang dipamerkan pun beragam, mulai dari ikan segar, olahan ikan, cemilan berbahan ikan hingga kuliner ikan. “Forikan Jabar sebagai Panitia mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat Ir. Hermansyah, M.Si menjelaskan acara ini merupakan kegiatan rutin bulanan, namun karena adanya covid-19, baru bisa dilaksanakan kembali bulan ini. kegiatan ini sekaligus bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ikan Nasional yang akan dilaksanakan beberapa pekan ke depan. “Tentu dengan kondisi yang masih Covid, kita masih menjaga Prokes Covid. Namun pada intinya, kita ingin mengajak para pelaku usaha untuk tetap giat berusaha meski dalam kondisi sulit,” katanya.

Ia pun berharap, mudah-mudahan tahun depan sudah normal kembali dan bisa melaksanakan kegiatan bazar ini setiap bulan guna membangun kembali perekonomian masyarakat. 

“Tentu kita berharap dari kegiatan ini ada transaksi, ada komoditas yang disukai oleh masyarakat. Pada akhirnya produk ini setelah diolah bisa memunculkan _value added_ (nilai tambah).

Saya mengajak masyarakat untuk hadir dan berbelanja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Pesan saya, semangat untuk berusaha ini jangan sampai putus meski sekarang tengah pandemi. Karena makanan tetap dibutuhkan. Apalagi makan ikan itu banyak manfaatnya. Itulah kenapa produk ikan baik segar maupun olahan harus hadir dalam rumah tangga kita,” ungkapnya. 

Red.(A-)

Tidak ada komentar