Breaking News

Penilaian Tengah Semester SMP 3 Sukaratu Menggunakan Metode Sistem IT

Kabupaten Tasikmalaya - Qjabar.com

Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dilaksanakan SMP 3  Sukaratu dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan menggunkan system ujian dalam jaringan (UDJ), meski dalam pelaksanaan terdapat beberapa kendala yang dapat di atasi dengan baik.

Drs.Usep,.M.si. Sebagai kepala sekolah menuturkan, "Jadi untuk penilaian tengah semester itu  menggunakan jadwal sesi pertama dan sesi ke dua, " karena untuk sekarang ini Soal nya juga sudah masuk pada Asesmen Nasional (AN). Cara penilaian tengah semester  nya pun kemudian bisa menggunakan system' jaringan dan bisa menggunakan Handphone.

"Jadi untuk yang tidak mempunyai Handphone, bisa menggunakan Computer yang sudah ada di sekolah. dan kemudian hasil nya setelah semua di kumpulkan nilainya baru kemudian di masukan kedalam pelaporan se-tengah semester,"tutur Usep saat di temui Qjabar  di ruang kerjanya SMP 3 Sukaratu Desa Indrajaya kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Kamis 21/10/2021.

Lanjut Usep, "Lalu kemudian di bagikan, dan langsung di terima oleh orang tua murid. Lalu nanti menjalin komunikasi antara kepala sekolah dengan orang tua murid mengenai hasil nilainya.

Nanti kalau sudah ada komunikasi dengan para orang tua murid, baru di adakan evaluasi, bagaimana kekurangan dan kelebihan dari Pelajaran Tatap Muka (PTM) dan tetap sesuai prokes, protokol kesehatan,"ungkapnya.

Masih kata dia, "Adapun terkait kendala yaitu sekarang para guru harus extra, di karenakan daring, ruring dan tatap muka, karena itu kan jadi double persiapan nya, yaitu harus mempersiapkan untuk Tatap muka di sekolah, begitu pun ruring dan daring.

Dan terkait kendala internet juga bisa di atasi walaupun internet tidak bisa memenuhi, dan terpaksa menggunakan kuota anak-anak siswa yang dari kementerian,"ujarnya.

Masih kata dia,"Bahwa untuk siswa yang sedang sakit, nanti bisa menyusul dan juga bisa mengerjakan nya di rumah, apalagi sekarang bisa menggunakan Handphone melalui aplikasi online,"ujarnya.

Dan Alhamdulillah murid setelah pembelajaran tatap muka terbatas dengan menggunakan penilaian tengah semester yang tadinya 70 sampai 85 Persen masuk, sekarang mungkin 100 persen bisa masuk.

"Jadi Penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah adalah salah satu cara SMP 3 Sukaratu ini untuk  meningkatkan kualitas yang diberikan kepada siswa baik dalam proses pembelajaran maupun dalam proses evaluasi pembelajaran yang selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti hal nya ujian yang telah menggunkan jaringan/ online, "Paparnya.

Alhamdulillah untuk harapan nya mungkin segala kendala atau pasilitas yang ada di sekolah misal listrik untuk lebih dimaksimalkan lagi karena sekarang kan dalam penggunaan nya lebih besar,  dan harus di tingkatkan lagi, dan internet juga sebenarnya nya tidak melalui sambungan, tapi di tembak, jadi harus serba lebih di tingkatkan lagi. "Pungkasnya

Reporter: Rizal
Editor: Ek

Tidak ada komentar