Breaking News

Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Pelayanan Bidan Berbasis Websit

Kabupaten Banyumas - Qjabar.com

Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga dalam rangka terwujudannya keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Sejalan dengan hal tersebut, pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, LPPM Universitas Nusa Mandiri bersama bapak ibu dosen dan mahasiswa tetap berkiprah agar dapat berkontribusi dalam peningkatan ilmu pengetahuan. 

Pada bulan September 2021 melaksanakan pengabdian masyarakat kepada Bidan Desa Pekaja dan warga sekitar yang berada di wilayah kerja Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Kegiatan di fokuskan untuk memberikan pelatihan sekaligus penyerahan aplikasi  Sistem Informasi Pelayanan Bidan Berbasis Website Pada Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor (SIPELAN). 

Pelayanan Bidan Desa Pekaja memerlukan manajemen yang baik terutama dalam proses pelayanan pendaftaran dan konsultasi secara online yang terjadwal. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang yang terdiri dari perwakilan Bidan Desa Pekaja dan juga warga sekitar. 

Kegiatan berjalan lancar, para peserta mengikuti dengan antusias karena materi yang disampaikan sangat mendukung nantinya dalam implementasi aplikasi SIPELAN tersebut. Sebagai tutor pada kegiatan tersebut adalah Ibu Saghifa Fitriana, M.Kom dengan di moderator oleh Ibu Ina Maryani, M.Kom. 

Pelatihan penggunakan aplikasi SIPELAN dilaksanakan secara langsung diawali mendemokan aplikasi, diskusi dan diakhiri tanya jawab dengan tetap menerapkan prokes Covid-19 ditengah masa pandemi yang masih berlangsung. 

Keterlibatan mahasiswa ini untuk memberikan pengalaman dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah. 

Semoga melalui kegiatan dapat semakin memaksimalkan implementasi penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Bidan Berbasis Website Pada Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor (SIPELAN) yang dapat diakses dimana saja dengan terkoneksi internet sehingga memudahkan warga khususnya Ibu hamil dan balita dalam melakukan pendafttaran serta membantu kelancaran konsultasi online secara terjadwal agar  lebih efektif dan terstruktur.


Reporter:(Dan/dlv)
Editor: Ek

Tidak ada komentar