Breaking News

Warga Saguling Adakan Pemilihan RT Dengan Cara Berbeda

Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Warga Saguling Panjang Kelurahan Cilamajang Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya,  menggelar pemilihan Ketua RT dengan cara berbeda. Prosesinya dilakukan dengan cara pemungutan suara seperti penyelenggaraan pemilu.

Biasanya pemilihan ketua RT dilakukan secara aklamasi atau musyawarah mufakat, namun kali ini masyarakat bisa memilih secara demokratis.

Terdapat 4 nama yang maju sebagai calon ketua RT 001 RW 004 yaitu Lalan Jeje sebagai no urut1,Endang Olot no urut 2,Henhen no urut 3 dan Jajang Aki no urut 4 ke-empat calon untuk pemilihan RT yang mengejutkan partisipasi keluarga mencapai 100 persen.

Penyelenggaraan pemilihan ketua RT berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke TPS.


"Kita belajar saat ini yang namanya demokrasi. Kita belajar dari pemilu," kata Doris  Ketua Pelaksana, 
Dia mengatakan, sebelum proses pemungutan suara, panitia menyosialisasikan pemilihan ini kepada seluruh warga. Kemudian penyelenggaran acara berembuk dengan pemerintah tingkat kelurahan.

Ada kurang lebih 150 kepala keluarga yang masuk daftar pemilih. Mereka juga yang mengusulkan nama-nama calon tersebut, lalu diputuskan sebagai kandidat RT,setiap calon memberikan Visi-Misi mereka untuk menarik perhatian warganya,diantaranya Lalan Jeje yang pertama rampil diatas panggung mengatakan ingin warganya Aman,Nyaman,Amanah dan Religius,sementara Endang olot mengarakan ingin warganya Rukun,Aman,dan Taat Administratif,untuk no Urut 3 Henhen dengan memiliki Visi dan misi yang sama dengan no Urut 1,semntara No urut 4 Jajang Aki mengatakan dengan tegas dan lugas melontarkan visi-misi yang menarik yaitu memberikan  pasilitas sosial berupa pelayanan kepengurusan melahirkan,orang sakit dan atau orang meninggal, Administratif  pemerintah  pembuatan berupa  KK,KTP, dan lain-lain.

Sebelumnya Pemerintah Kota Tasikmalaya telah menyosialisasikan Peraturan  bahwa ketua RT dan RW bisa menjabat selama lima tahun dan boleh dua periode bila dinyatakan terpilih kembali.Terlihat pantauan wartawan Q'Jabar.com kegiatan meriah dan sukses pencoblosan Ketua RT serasa pemilu Lalan Jeje  dengan perolehan suara  15 suara,Endang Olot 51 suara,Henhen 15 suara dan   Jajang Aki dengan perolehan suara terbanyak dengan total suara 65.Secara otomatis pemenang pemilihan ketua RT 001/RW 004 periode 2021-2025 dimenagkan oleh  Jajang Aki.

Turut hadir dalam kegiatan tersebit daintaranya Ketua Karang Taeuna Kelurahan Cilamajang Dede Prayoga,Ketua PPS Ayi Adma,Ketua APRAK Doris,Ketua RW 04 Anhar,Rt 02 Nur Arip Hidayatulloh,mantan Rt 01 H.Uung,
dan sejumlah tokoh masyarakat Saguling Panjang.

Reporter:(dan)
Editor: Ek

Tidak ada komentar