Breaking News

Disperkimtan Mendapat Penghargaan Peringkat Pertama Dari Bank Sampah Teraktif

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Aksi World Cleanup Day (WCD) merupakan aksi bersih-bersih serentak yang dirayakan di seluruh dunia untuk memberi tahu orang-orang bahwa alam tidak boleh dianggap remeh dan harus dijaga kebersihannya.

Pada rangkaian peringatan World Clean Up Day (WCUD) 2021 ini, dengan acara menabung di Bank Sampah Bangkit Produktif, di Taman Edukasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Soreang (17/9/2021) 

Bank sampah tersebut disediakan DLH Kabupaten Bandung, untuk menampung sampah-sampah anorganik yang bisa didaur ulang yang bersumber dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Bandung.

Hadirnya aksi World cleanup day diharapkan menjadikan aksi penguat yang bisa terus membantu pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bandung bersih.

Disperkimtan salah satu Instansi yang mendapat penghargaan dari Bupati Bandung, penghargaan tersebut diberikan kepada Disperkimtan Kabupaten Bandung sebagai Peringkat Pertama Nasabah Bank Sampah Teraktif. 

Dikatakan Kepala Disperkimtan Dr. Ir Erwin Renaldi Ms.c Karena sebetulnya sampah bukan penyebab dari masalah, 
Tapi cara kita yg memperlakukan sampah yg tidak benar dan jangan jadikan kita menjadi bagian dari masalah tapi juga bagian dari solusi .

Masalah-masalah diatas dapat kita atasi dengan memulai mengurangi sampah, mulai dari rumah.Salah satunya dengan membiasakan diri menggunakan botol air minum yang dapat digunakan berulang kali. 

Selain mengurangi sampah, kita juga harus mulai mengelola sampah secara mandiri. Cukup mudah mengelola sampah dengan mandiri, yang pertama dilakukan adalah dengan tidak membuangnya secara sembarangan.

Selanjutnya dengan memilah sampah antara yang organik dan anorganik. Sampah organik dapat kita manfaatkan sebagai pupuk. Sementara sampah yang anorganik ada yang masih bernilai jual dan ada yang merupakan residu (tidak dapat dimanfaatkan). 

Sampah yang bernilai jual dapat kita kumpulkan kemudian dijual. 
Sementara untuk sampah residu karena sulit ditangani dapat kita serahkan ke lembaga pengelola sampah.

Memilah sampah seperti yang dijelaskan merupakan hal yang penting. Sampah yang tidak dipilah tidak bisa dimanfaatkan keberadaannya, yang selama ini terjadi sampah-sampah yang tak terpilah hanya akan ditumpuk menjadi gunung sampah di TPA dan pada akhirnya hanya akan menjadi permasalahan lingkungan.


Reporter:(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar