Breaking News

APIDA Jabar Sukses Gelar Musda II Di Cikole Jayagiri Resort

Kabupaten Bandung Barat - Qjabar.com

Lewat Musyawarah Daerah (Musda) II Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) Daerah Jawa Barat mengukuhkan 15 orang pengurus APIDA Jabar di kawasan wisata Cikole Jayagiri Resort Lembang, Kamis (30/9). Pengukuhan pengurus APIDA Jabar periode 2021-2025 dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum/Direktur Utama API Wahyu Kuncoro yang diwakili Direktur Operasional dan Perhutanan Sosial Perhutani Natalas Anis Harjanto.

Ketua APIDA Jabar yang juga menjabat sebagai Kepala Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten Amas Wijaya mengatakan selama perjalanan APIDA Jabar, ada beberapa pencapaian yang sudah didapat. Diantaranya pengembangan secara organisasi di beberapa Kabupaten. Tercatat asosiasi ini sudah tersebar ke sejumlah desa. 

"Lebih bangganya lagi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sukses meraih penghargaan sebagai tokoh inspirator perlebahan di Jawa Barat bahkan di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa budidaya lebah dan madu di Jawa Barat punya potensi yang baik," katanya. 

Amas menuturkan dengan adanya pandemi covid-19, kesadaran masyarakat akan mengkonsumsi madu menjadi sangat meningkat. Harapannya, setelah pandemi berakhir pun kesadaran masyarakat akan madu pun terus meningkat.

"Kami bersama pemda Jabar akan mendorong lahirnya Jabar Juara dibidang perlebahan. Untuk mencapai itu tentunya dibentuk konektivitas antar stakeholder perlebahan yang baik," jelasnya. 

Amas mengajak kepada seluruh stakeholder untuk terus menjaga kualitas,  kuantitas dan produktivitas perlebahan madu. Sehingga, sejak hulu hingga hilir bahkan pemasarannya bisa berjalan dengan baik. 

Ketua Panitia Musda APIDA II Agus Mashudi menerangkan kegiatan Musda APIDA II ini digelar dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat. Dihadiri oleh jumlah peserta terbatas secara offline  dan secara online via zoom meeting. 

"Adapun isi dari kegiatan tersebut diantaranya pemberian penghargaan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai tokoh inspirator perlebahan, penandatanganan kerjasama antara Ketua APIDA Jabar sekaligus Kadivreg Janten Amas Wijaya dengan Dirut Agro Jabar Kurnia Fajar, pengukuhan pengurus APIDA Jabar periode 2021-2025, pemberian madu kepada Ponpes Al Mubarokah, pemberian penyerahan stup kepada LMDH Manglayang Hijau, sesi acara lainnya," sebutnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum secara virtual menyampaikan pihaknya mengapresiasi kegiatan Musda II APIDA Jabar yang berlangsung dengan lancar. Menurutnya,  APIDA Jabar sudah turut serta berperan penting meningkatkan kembali perekonomian di Jawa Barat pasca pandemi covid-19.

"Dengan berjalannya usaha perlebahan ini tentu akan berdampak kepada masyarakat banyak. Seperti terbukanya lahan pekerjaan, peluang usaha dan banyak lagi," paparnya.

Reporter: Fajar
Editor: Ek

Tidak ada komentar