Breaking News

Sambut Tahun Baru Islam 1443 H;Kp Dayeuh Luhur Parung Ponteng Laksanakan Pawai Obor-2021

Kabupaten Tasikmalaya - Qjabar.com

Dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1443 Hijriyah,warga Kampung Dayeuh Luhur sambut tahun baru islam dengan melaksanakan pawai obor yang diikuti ±lebih 100 orang warga kampung itu sendiri yakni,Kampung Dayeuh Luhur, Desa Parungponteng, Kecamatan Parungponteng.

Unung perdiansyah selaku Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)menyampaikan,dalam memperingati/menyambut 1 Muharram 1443 Hijriyah ini,kami hanya melaksanakan PHBI nya saja. Istilahnya menyambut ulang tahun Islam dengan budaya pawai obor,agar masyarakat lebih mengetahui bagaimana makna perjuangan umat Islam pada jaman dulu.Senin malam 9/8/2021,Kab.Tasikmalaya-Jawa Barat.

"Selain itu,pawai obor dalam menyambut tahun baru islam ini guna untuk memperkuat budaya Islam yang harus kita kukuhkan serta di mumule (rawat) karena pawai obor sudah ada dari zaman dahulu".Jadi kami ingin memperingati dan menjadi semangat untuk mempelopori masyarakat dalam hal kebaikan,alhamdulillah warga sangat antusias,bahkan setiap kegiatan atau maupun peringatan keagamaan, di Kampung ini/DKM ini selalu disambut dengan baik.

"Kami mengajak,semua warga masyarakat yang ada di Desa Parungponteng harus selalu antusias dalam mengikuti peringatan 1 Muharam. Karena ulang tahunnya umat Islam adalah di 1 Muharam".kami mengajak(Unung)kepada warga Kabupaten Tasikmalaya, mari kita rawat tradisi ini di daerahnya masing-masing dan kalau bisa sampai tingkat Provinsi.Ajaknya

Dikarenakan situasi dan kondisi lagi pandemi seperti ini(masa  PPKM),tapi Alhamdulillah untuk kabupaten Tasikmalaya berada di level 2 kalau gak salah,dan Alhamdulillah kami bisa memanfaatkan dan memperingati ulang tahun Islam 1 Muharam 1443 yang bertepatan di bulan Agustus ini. Mari kita hijrah pada kehidupan yang lebih baik lagi dan mudah mudahan Covid 19 segera berakhir.

Adapun Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sebelum pawai obor yaitu mengadakan perlombaan-perlombaan dan melaksanakan secara bersama-sama dengan para peserta pawai obor untuk melaksanakan istighosah terlebih dahulu yang dipimpin oleh pihak DKM, dan didampingi jamaah pengajian dan Guru Diniyah.Pungkasnya


Reporter;Janur

Editor: Ek

Tidak ada komentar