Breaking News

Ratusan Penyadap Getah Pinus di Hutan Bandung Utara Dapat Bantuan Sembako dan Suplemen

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Ratusan penyadap getah pinus mendapat bantuan sembako dan suplemen dari Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Usep Rustandi kepada perwakilan penyadap di kawasan hutan Manglayang Barat, Jumat (20/8).

Usep menyebutkan secara keseluruhan terdapat sekitar 190 penyadap getah pinus di wilayah hutan Bandung Utara  yang mendapat bantuan tersebut. Mereka tersebar di empat BKPH mulai dari BKPH Manglayang Barat, Cisalak, Lembang dan Padalarang.

"Ini merupakan program Perhutani di bulan Agustus dalam rangka pembinaan dan bantuan kepada para pekerja kayu dan non kayu. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19 dan perubahan musim. Adapun bantuan yang diberikan yaitu berupa sembako dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh," katanya.

Usep menuturkan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian perusahaan kepada para pekerja hutan. Ia berharap dengan bantuan tersebut semua bisa sehat walafiat serta bisa lebih bertambah lagi produktivitas kerjanya.

Kepala BKPH Manglayang Barat Nono Mulyana menambahkan kegiatan ini juga bagian dari silaturahmi serta bertujuan untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dengan pekerja. Sebab, menurutnya dengan hubungan yang baik perusahaan bisa berjalan langgeng.

"Kami menempatkan mereka tidak sebagai buruh namun sebagai mitra. Sebab, peran mereka sebenarnya sangat penting bagi perusahaan. Oleh sebab itu, kesejahteraan serta keselamatannya harus senantiasa diperhatikan," ungkapnya.

Ia menyebutkan dari sisi kesejahteraan para penyadap, Pehutani sudah menaikan harga pungutan getah pinus. Sehingga, pendapatan mereka meningkat. Bahkan di Manglayang Barat pendapatan mereka dalam satu bulan bisa mencapai Rp 4 juta atau melebihi UMR Bandung. 

Sementara itu, salah satu penyadap getah pinus di kawasan Manglayang Barat Yana Suyana menyampaikan terima kasihnya kepada Perhutani atas perhatian dan kepeduliannya. Bantuan ini menjadi pelecut semangat bagi para penyadap untuk bekerja lebih maksimal lagi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Perhutani. Kami doakan juga semoga semuanya sehat dan sukses," tutupnya.


Reporter: Fajar

Editor: Ek

Tidak ada komentar