Breaking News

Masuk Musim Kemarau, Perhutani KPH Bandung Utara Siaga Antisipasi Karhutla

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Memasuki musim kemarau, Perhutani KPH Bandung Utara menyiapkan langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan sejumlah pihak. Hal ini disampaikan Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Usep Rustandi di kantornya, Kamis (29/7).

Usep mengatakan pihaknya akan mengikuti rapat koordinasi (Rakor) antisipasi Karhutla bersama sejumlah pihak diantaranya Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang serta LMDH dan unsur lainnya dalam waktu dekat. 

"Rakor ini digelar untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas antara Perum Perhutani KPH Bandung Utara dengan pihak terkait lainnya mengenai tanggap bencana dan antisipasi siaga Dalkarhutla. Selain itu, keterlibatan masyarakat sekitar hutan sangat di harapkan dan punya peran penting dalam mencegah karhutla," terangnya.

Dalam pelaksanaan nanti pihaknya sudah menugaskan petugas KPH, Asisten Perhutani/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) dan jajaran Polisi Hutan Mobile (Polhutmob), masyarakat peduli api, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan stakeholder serta aparat TNI-POLRI dilibatkan juga untuk menerapkan aplikasi berbasis satelit.

Berdasarkan pemetaan petugas, Usep mengungkapkan pihaknya sudah memiliki peta sebaran titik api (hotspot) di wilayah Perhutani Bandung Utara. 

"Terdeteksi ada 17 potensi titik api tersebar di kawasan hutan Bandung Utara. Diharapkan dengan aplikasi berbasis satelit ini pencegahan serta penanganan kebakaran hutan bisa lebih cepat diantisipasi," sebutnya. 

Usep menuturkan pula upaya pencegahan kebakaran juga dilakukan melalui edukasi terhadap masyarakat di lahan -lahan yang ada interaksi masyarakat di antaranya lokasi wisata, garapan Kopi dan lainya.

Sementara itu, Ketua LMDH Mandiri Juju Sutrisna menyatakan pihaknya mengapresiasi serta mendukung penuh upaya Perhutani KPH Bandung Utara dalam rangka siaga Karhutla di kawasan hutan Bandung Utara. Menurutnya, masyarakat sekitar hutan siap berperan aktif membantu pemantauan dan siap turun tangan bilamana terjadi kebakaran hutan.

"Upaya terobosan ini sangat baik. Mudah-mudahan bisa menjadi langkah cepat dalam rangka siaga karhutla di kawasan hutan Bandung Utara," paparnya.


Reporter: Fajar

Editor: Ek

Tidak ada komentar