Breaking News

Disdik Kabupaten Bandung Siap Membangun Unit Layanan Disabilitas Inklusif Education Centre Bandung Bedas

Labupaten Bandung - Qjabar.com

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di Kabupaten Bandung, Pemkab Bandung melalui Dinas Pendidikan, berupaya membangun Unit Layanan Disabilitas Inklusif Education Centre Bandung Bedas, untuk sarana pendidikan dan latihan bagi anak disabilitas agar memperoleh pendidikan yang layak.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, meninjau lahan yang rencananya akan dibangun pada tahun 2022 mendatang, diatas tanah seluas 7000 M2  Jln. Sindang Wargi, Soreang, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 

 “Mudah-mudahan ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, sehingga pembangunannya dapat segera diwujudkan" harapnya.  

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, DR. H. Juhana, di lokasi yang sama menjelaskan, fungsi sekolah inklusif memberikan layanan informasi dan konsultasi bagi disabilitas termasuk orangtua, menyediakan layanan-layanan terapi (Speech Therapy, Orientasi Mobilitas, Occupational therapy), Pusat Pendidikan Transisi Difabel sebelum masuk sekolah umum, dan Balai Latihan Kerja bagi difabel.

Selanjutnya, Kadisdik Juhana, lahan tanah yang saat ini punya Dinas pendidikan kabupaten akan di bangun mulai tahun 2022, yang nantinya akan menjadi pelatihan BLK Inklusif bagi anak anak Disabilitas termasuk orangtuanya serta speak terapi bagi yang kesulitan bicara, dan terapi lainnya." jelasnya

Dan nantinya gedung tersebut pusat pelatihan transisi Difabel sebelum keterima di sekolah SLB, Sehingga dapat memberikan pembekalan yang optimal bagi kaum Disabilitas untuk maju ke jenjang dunia kerja.

Ditambah lagi, nantinya juga sebagai tempat koordinasi para tenaga ahli pendidikan Difabel untuk sering tentang pendidikan inklusif. Maka dengan luas tanah 7000 M2 diharapkan menjadi center dan memang pertama di Jawa Barat saat ini yang berada di kabupaten bandung pungkasnya.


Reporter;(Yun.s)

Editor: Ek

Tidak ada komentar