Breaking News

BMH Salurkan Qurban Untuk mendidik Santri lebih Berdaya

Kabupaten Bandung Barat - Qjabar.com

Kebahagiaan itu bukan hanya menerima tapi juga saat memberi dengan penuh ketulusan hanya mengharap Ridho-Nya.

Karena sesungguhnya Alloh SWT yang memberikan ketenangan dan kebahagiaan kepada jiwa jiwa orang yang beriman.

BMH yang menginisiasi berdirinya Pesantren Pertanian At Taqwa yang membina anak anak Tahfidz Al Qur'an serta  santri yatim dan Dhuafa, beberapa TPA dan Rumah Qur'an se Desa Cimanggu, merasakan manfaat yang sangat besar atas dorongan dan Suport dari  BMH dalam mengembangkan Program pesantren Berdaya.

Program ini bertujuan supaya santri bukan hanya bisa belajar dan mengaji Al Qur'an tapi juga memiliki skil pertanian, peternakan juga kewirausahaan.

BMH kerjasama dengan Pesantren dan Bank Indonesia membuat Kandang Domba secara permanen yang tujuannya bisa menampung Domba cukup banyak dan pupuknya bisa dimanfaatkan untuk mengolah lahan pertanian milik pesantren. 

Pada bulan Desember 2020 Pesantren membuka investasi dengan Sekolah Cendekia Muda sebanyak 50 ekor Domba, ada proses pendidikan yang di lakukan oleh pesantren dalam melibatkan santri dalam memeliharanya,

Ketersedian Domba di pesantren  berharap dapat membantu dan memudahkam  para Mudhohi yang akan berqurban sesuai kriteria yang di siapkan oleh pesantren.

Pada Selasa, 20 Juli 2021 BMH dan Pesantren dapat mengalurkan Hewan Qurban sebanyak 110 ekor domba dan 2 Ekor Sapi, yang dapat dinikmati oleh para santri yatim dan dhuafa binaan Pesantren dan Rumah Qur'an Miftahul Ilmi, serta  distribusikan kepada 10 kelompok Majelis Ta'lim, DKM yang tidak memotong hewan Qurban,  dan Masyarakat sekitar serta binaan yang mayoritas sebagai buruh tani  yang ekonominya terdampak covid 19.

Ada sekitar 1000 orang penerima manfaat dari penyaluran Qurban yang di lakukan oleh BMH kerjasama dengan Pesantren Pertanian At Taqwa dan Ya BISA, 

Bahkan beberapa santri TPA dan Rumah Qur'an berkreasi mengolah daging Qurban dengan lomba memasak antar Santri TPA Se Desa Cimanggu, keseruan dan kebahagian dalam  mengolah untuk menikmati langsung daging Qurban menambah kebahagian bagi mereka, selain itu juga mendidik para santri agar ahli dalam memasak, melatih kreativitas dan kerjasama dalam membuat video dan mempresentasikan hasil olahannya, membuat kagum para guru.

Hal ini di sampai oleh salah satu guru insan Kamil at Taqwa ibu Cucun.

Sementara  ketua panitia lomba masak  ibu Dewi menyampaikan bahwa memontum  Qurban ini selain dapat memberi kebahagiaan kepada mereka para santri juga menambah semangat santri dan orang tua sebagai upaya penguatan dakwah dan pendidikan di TPA nya masing masing.

Kegiatan Pemotongan Qurban yang di akhiri dengan menghadirkan sejumlah anak Paud Insan Kamil untuk menyaksikan langsung proses pemotongan Hewan, pengulitan hingga pembakaran sate yang di lakukan secara bersama sama melibatkan Guru, santri dan Orang Tua agar secara emosional mereka lebih dekat dengan keluarga, sehingga tujuan pendidikan dalam melahirkan generasi Sholeh dan Sholehah tercapai.

Kegiatan ini dilakukan sesuai aturan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid 19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Qurban Berkah Multi Manfaat, Berbagi menginspirasi dan peduli, ujar Ust Fadlan selaku Ketua Pesantren


Reporter: Juhana

Editor: Ek

Tidak ada komentar