Breaking News

Bupati Ciamis Herdiat Lantik 303 Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional di Lingkup Disdik Ciamis

Kabupaten Ciamis - Qjabar.com

Sebanyak 303 Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional dilantik serta di ambil sumpahnya oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan mengambil tempat di Stadion Galuh Ciamis guna mengurangi kerumuman dimasa pandemi Covid-19 pada hari Jum'at, (09/04/2021).

Sebanyak 303 orang pejabat yang dilantik tersebut terdiri atas rincian diantaranya jabatan fungsional guru sebanyak 50 orang, kepala sekolah menengah pertama 34 orang, kepala sekolah dasar 215 orang, dan kepala taman kanak-kanak 4 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat mengatakan bahwa pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini semata-mata bertujuan untuk memenuhi formasi jabatan fungsional dan mengisi kekosongan jabatan dalam rangka peningkatan kinerja, sinergitas penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Disampaikanya pelantikan tersebut sesuai dengan isi Misi pertama Kabupaten Ciamis yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sekolah menjadi ujung tombak dan mempunyai peran yang sangat strategis.

"Kita semua menyadari bahwa kunci keberhasilan dari peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah dengan suksesnya pendidikan, sementara itu keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kinerja para guru, peran dewan pendidikan, partisipasi masyarakat dan pemerintah ". Kata Bupati

Bupati menuturkan dimasa pandemi covid-19 ini, baik Dinas Pendidikan yang mengemban tugas pemerintah di sektor pendidikan di daerah, para kepala sekolah dan guru mempunyai tantangan yang besar.

"Di satu sisi kualitas pendidikan tidak boleh menurun dan bahkan harusnya meningkat namun di sisi lain masalah kesehatan dan keselamatan anak didik juga menjadi prioritas," Imbuhnya. 

Menurutnya, perlu terobosan inovasi dan dialog bersama serta pemikiran yang strategis untuk peningkatan pendidikan guna kemajuan masa depan anak-anak didik di Kabupaten Ciamis. 

"Untuk itulah harapan saya kepada saudara yang dilantik pada hari ini agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan mencermati setiap perubahan baik dalam tatanan regulasi maupun tuntutan jaman yang ada ". Tandasnya. 

Dihadapan para peserta yang dilantik, Bupati menyampaikan  Peranan kepala sekolah sangat menentukan dalam proses belajar mengajar, karena kepala sekolah selaku supervisor harus jeli dan pandai melihat berbagai segi yang paling penting untuk dikembangkan . 

Selanjutnya, Bupati beramanat agar kepala sekolah yang baru dilantik dapat meningkatkan kompetensi kepribadian, manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi dan sosial.

Selain itu juga, bersikap bijak dalam menyikapi berbagai masalah, kepala sekolah harus tetap menjaga marwah sebagai kepala sekolah, guru dan kepala sekolah wajib melaksanakan kode etik guru yang patut di gugu dan ditiru.

Kemudian guru dan kepala sekolah harus tetap dalam organisasi profesinya sebagai guru serta sebagai pegawai negeri sipil. 

Dipenghujung acara, Bupati juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengkaji dan mencoba pembelajaran tatap muka  secara parsial. 

"Hal tersebut tentu akan di uji coba per zonasi wilayah sesuai tingkatan zona penyebaran covid-19," Katanya. 

"Zona yang di maksud adalah dimana di suatu kecamatan atau desa ada yang memang sudah berada di zona hijau atau aman, maka akan dapat dilakukan uji coba tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, " Jelasnya. 

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Ciamis Dra. Hj. Yeyet Trisnayati melaporkan Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut karena terdapat kekosongan jabatan akibat meninggal dunia ,  pensiun, mengundurkan diri dari jabatan kepala sekolah dan promosi dari jabatan guru. 

" Adapun tujuannya yaitu untuk memenuhi jabatan fungsional dan mengisi kekosongan jabatan dalam rangka meningkatkan kinerja serta sinergitas penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pendidikan lingkup dinas pendidikan kabupaten Ciamis, " Ucap Yeyet. 

Ia mengatakan Pejabat yang dilantik berjumlah 303 orang yang terdiri dari jabatan fungsional guru 50 orang, kepala sekolah menengah pertama 34 orang, kepala sekolah dasar 215 orang dan kepala taman kanak-kanak berjumlah 4 orang. 



Reporter: Shopia Zihara

Sumber: Humas

Tidak ada komentar