Breaking News

Berkas Lima Bakal Calon Kepala Desa Karangasem Diverifikasi

Kabupaten Indramayu - Qjabar.com

Acara verifikasi kelengkapan berkas bakal calon Kepala desa dan Panitia Pilkades saat poto bareng  bertempat di halaman kantor Balai Desa Karangasem, Jl. Raya Terisi – Jangga Losarang, Rabu, 31-03-2021.

Acara kelengkapan berkas calon kepala desa Karangasem memasuki tahapan verifikasi berkas calon. Ketua Panitia Pemilihan Kepala desa (Panpildes) Desa Karangasem, Nuradi  mengatakan, pada hari ini Rabu, (31/3) Tim verifikasi dengan melibatkan unsur Muspika Kecamatan Terisi diantaranya Dinas Pendidikan, Kesehatan, Polisi, TNI dan Kecamatan, empat balon kades” terangnya.akan melakukan verifikasi berkas calon kades. Hal itu, kata Panitia, karena ada Lima bakal calon kades yang akan bersaing pada 2 Juni 2021 di desanya.

“Karena ada 5 balon kades yang akan diverifikasi, kita laksanakan tahapan verifikasi ini dan pada tanggal 21 April penetapan calon dan pengambilan no urut calon.

Lebih lanjut, dikatakan Nuradi, tahap verifikasi hanya diikuti balon kades dan satu pendamping  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan penjagaan dari Satgas Penanaganan Covid-19 kecamatan dan desa. “Tetap berpedoman pada prokes, panitia juga memakai masker lengkap, jadi di dalam sekretariat tahapan verifikasi tidak ada kerumuman massa pendukung yang ikut masuk,” ujarnya.

Terkait siapa yang akan lolos mengikuti tahapan selanjutnya, Panitia menyerahkan sepenuhnya kepada tim seleksi. “Siapa saja yang akan lolos, kita serahkan sepenuhnya kepada tim seleksi, nanti panitia hanya menerima hasil ke empat balon kades yang layak mengikuti atau lanjut ke tahapan berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD Karangasem, Maslani mengatakan, BPD akan melakukan pengawasan terkait mekanisme pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa agar panitia menjalankan mekanisme tahapan sesuai dengan aturan, dan lebih mengutamakan aturan baik Perbup dan Perda terkait pemilihan kepala desa.

“Kami akan melakukan pengawasan untuk memastikan panitia bekerja sesuai dengan regulasi,” ujarnya. Maslani juga meminta kepada panitia untuk menjaga netralitasnya, bekerja sesuai dengan tupoksi. Jelasnya  ketua BPD.

Sedangkan menurut Pjs. Kades Karangasem Suardi, juga mengatakan “kami juga mengawasi jalannya verifikasi tim Kecamatan, jangan sampai panitia mengambil kebijakan yang melenceng dari aturan, tetap mengutamakan aturan yang telah ada dalam Perda dan Perbup pelaksanaan pilkades. Alhamdulillah, panitia selama ini bisa menjalankan peran tugas dengan baik, bekerja professional dan mematuhi prokes,” tandasnya. 


Reporter: Bang Toy

Editor: Ek

Tidak ada komentar