Breaking News

Reses H Toni : Pemulihan Ekonomi Masyarakat Di Masa Pandemi

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kab. Bandung, Toni Permana saat melaksanakan Reses Masa Sidang II di Yayasan Nahdlatul Falah Desa Girimulya Kecamatan Pacet, menerima ucapan selamat dari peserta atas baktinya dan pengabdiannya selama ini kepada masyarakat.

Sementara pada pembahasan Reses, dia mengemukakan, kalau Indek Pengembangan Manusia (IPM) di lokasi ini agak minus. Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak sungkan menyampaikan aspirasi dalam aspek apa pun.

“Karena semua anggota DPRD mempunyai tugas mewadahi setiap aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan diberikan kepada pemerintah,” katanya di lokasi Reses, Jum’at (26/3/2021).

Dia menjelaskan, setiap program yang akan diimplementasikan pemerintah bersumber dari aspirasi aspirasi masyarakat berikut kebutuhan-kebutuhannya selama ini yang berorientasi demi kepentingan bersama.

Untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, dikemukakan Toni, harus ada nama jelas, alamat domisili lengkap. Tujuannya supaya saat merealisasikan bantuan bisa sesuai dengan penempatannya juga peruntukkannya.

Alternatif lain yang diharapkan Toni kepada masyarakat, bisa membuat kelompok sesuai dengan kemampuannya, diantaranya, Kelompok Tani, Kelompok UKM, Kelompok Domba, dan Kelompok lainnya yang melibatkan langsung masyarakat. Karena hal itu sudah ada programnya berikut anggarannya.

Untuk warga Lanjut Usia (Lansia) sendiri, diungkapkannya, ada juga bantuannya. Dan itu pun prosesinya berdasarkan pengajuan dari aparatur pemerintah setempat (Desa) berdasarkan laporan dari RT/RW, yang selanjutnya akan disampaikan ke instansi terkait.

Sementara permohonan yang disampaikan sekarang, lanjut dia, akan direalisasikan di tahun 2022 nanti. Kecuali pengajuan tahun 2021 kemarin bisa dicairkan sekarang. Mudah-mudahan anggaran yang diharapkan bisa sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Untuk jelasnya mengenai kebutuhan, masyarakat bisa mempertanyakan kepada Desa dan Kecamatan, tentang program kegiatan yang belum dilaksanakan,” ujar dia.

Program prioritas yang disampaikan Legislator dari Komis C ini, adalah pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi. Melalui upaya itu, dia mengharapkan masyarakat bisa inovatif dan mau berimprovisasi melalui kerja nyata setelah mendapatkab bantuan dari pemerintah.

Sebab dampak dari pendemi ini, semua rakyat khususnya masyarakat Kabupaten Bandung mengalami keterpurukan ekonomi. Pengangguran semakin bertambah karena terjadi PHK, ada warga Miskin Baru (Misbar), juga masalah sosial lainnya yang membuat dirinya merasa prihatin.

Dia menyatakan siapa saja yang mempunyai keluhan atau masalah, bisa datang langsung ke Gedung DPRD untuk melakukan konsultasi dan mencari solusi dari permasalahannya.

“Dewan itu bekerja untuk masyarakat, mengabdi kepada masyarakat, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai mediator dan fasilitator ke pemerintah. Dan kami menjadi wadah bagi setiap aspirasi untuk dipikirkan, dimusyawarahkan, tentang bagaimana dan harus apa yang dilakukan sebagai tindakan terbaik bagi masyarakat.


Reporter: (Tim)

Editor: Ek

Tidak ada komentar