Breaking News

HM Yusuf Dorong Dinas Perpustakaan Dengan Terbentuk Berbasis Inklusi Sosial Atau Kalista

Mangkubumi I Kota Tasik - Qjabar.com

Bertempat di Di Aula Rumah Makan Sari Alam Kota Tasikmalaya, Plt Wali Kota Drs H Muhammad Yusuf menghadiri kegiatan Musrenbang Sektoral Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2022. Turut hadir Ketua Komisi I DPRD, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Tasikmalaya, dan Tamu Undangan. Senin, 1 Maret 2021.

HM Yusuf mengatakan Dinas Perpustakaan telah mampu mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang sejalan dengan pemerintah pusat dengan tebentuknya Kalista (Kampung Literasi dan Tertib Arsip) di Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibereum. 

Beliau juga mengajak kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah yang ada di Kota Tasikmalaya untuk dapat membentuk Kalista-Kalista yang lain. 

Masih kata Yusuf, Selain itu di Kantor Dinas Perpustakaan juga tersedia tempat karaoke khusus untuk anak-anak setelah selesai membaca, mereka kemudian diajak bernyanyi dengan harapan akan meningkatkan imunitas pada anak. "Ucapnya

Lanjut dia, "Untuk Bidang Kearsipan diharapkan kedepannya harus dikelola secara elektronik atau digital, karna arsip merupakan bukti faktual data tata kelola pemerintahan.

"Ini memang sangat diperlukan, karna dengan elektronik arsip selain mampu menyediakan data yang terintegrasi dan cepat, juga dapat meminimalisir penggunaan kertas." Ujar Plt Walikota Tasik HM Yusuf.

Sementara kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan menambahkan, "kita buatkan inovasi berupa kerasipan dan perpustakaan dalam rangka minat membaca kepada masyarakat, terutama dalam keterampilan dan ini dijadikan sebuah percontohan bagi yang lain,"pungkas Dia .

"Saat ini yang sudah terbentuk di kelurahan Kota Baru , Dengan terbentuknya berbasis Inklusi sosial yang sejalan dengan pihak pemerintah yang melalui Kalista ( Kampung literasi dan tertib arsip ), "Singkat Kadis Perpustakaan dan kearsipan.


Reporter: Aditya

Editor: Ek

Tidak ada komentar