Breaking News

Tisna : Sampah Bisa Menjadi Sumber Ekonomi Baru

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Gerakan Hari Peduli Sampah Nasional berlangsung dibelakang kantor Dinas LIngkungan Hidup Kab Bandung ,(23/2/2021) dihadiri PLH Bupati Bandung ," Ir. A.Tisna Umbaran MP dan juga dihadiri Kepala DLH Kab Bandung ,Drs .Asep Kusumah beserta jajarannya .

Dikatakan Tisna ,hari ini tanggal 23 Pebruari 2021 merupakan Hari Peduli Sampah Nasional dengan mengangkat tema di pemerintah pusat : sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi sementara sub tema yang kita ambil  : Kab Bandung Produktif ditengah pandemi melalui Bank sampah tematik .

Menurut Tisna ,ada langkah -langkah yang sudah kita lakukan ,pertama kita melaksanakan gerakan pakan edukasi menabung dengan sampah , tadi sudah  dilakukan sebagai samplenya dan yang kedua intervensi program raksa desa melalui Perbup No 26 tahun 2020 tentang program raksa desa dalam  penguatan pengembangan bang sampah tematik .

Dan yang ketiga pembagian registrasi bang sampah , dipusat baru membentuk bang sampah .kalau di kita sudah jalan sudah banyak dan sudah di registrasi dan yang keempat kita melakukan kunjungan Ke- lima bang sampah dari 589 bang sampah tematik di Kab Bandung .

Tentu program ini sangat strategis karena sampah sangat erat sekali perilaku manusia termasuk didalamnya ada budaya karena budayanya yang sudah tinggi perlakuan terhadap sampahnya sangat apik .

Kita sebagai negara berkembang harus mengedukasi terhadap masyarakat bagaimana memperlakukan sampah sebaik - baiknya .Perubahan perilaku masyarakat saat ini yaitu faktor ekonomi .

Jadi masyarakat akan mengikuti atau anjuran selama menguntungkan apalagi di jaman pandemi sekarang ini dilihat dari sisi ekonomi , sampah dapat dipilah di jual bisa menghasilkan dan menjadi sumber ekonomi .

Beberapa hari kedepan Pa Kadis LH akan mengumpulkan Subag Umum di OPD dan OPD sendiri akan melakukan edukasi di Pemda dan mengembangkan lingkungan masing - masing ," Ungkapnya 


Reporter:(Yun.s)

Editor: Ek

Tidak ada komentar