Breaking News

M. Luthfi: Dinas Koperasi Lakukan Audensi ke Komisi B Terkait Bantuan Koperasi UMKM

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Menanggapi pemberitaan mengenai bantuam untuk UMKM sebesar Rp.2,4 juta, pihak Dinas Koperasi dan UMKM melakukan audensi ke Komisi B DPRD Kab. Bandung untuk melakukan klarifikasi.

Diperoleh keterangan dari salah seorang anggota Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan, M. Luthfi Hafiyyan, untuk memperoleh bantuan tersebut, pemohon dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu dan dipotong sebesar Rp1 juta.

"Hal itu disangkal oleh Dinas Koperasi, karena di dalam penyelenggaraannya tidak ada kerja sama dengan Sekretariat Nasional PK ," katanya di ruang Fraksi, Kamis (18/2/2021).

Menurut dia, saat ini masih dalam rangka pemeriksaan. Dan belum ditentukan siapa yang bersalah dalam hal ini. Namun yang jelas hal ini ditegaskan pihak Dinas Koperasi tidak ada kerja sama dengan Setnas.

Sementara jumlah pemotongan dari total yang belum diketahui jumlah sebenarnya sesuai informasi dilapangan, lanjut dia,  diperkirakan mencapai Rp800 juta. Dari yang memberatkan 

dalam masalah ini terjadi pemotongan langsung yang dibebankan kepada warga penerima. 

Jadi kedatangan Dinas Koperasi, dijelaskan dia, untuk menepis pemberitaan media dan sengaja melakukan klarifikasi dengan memberikan penjelasan secara spesifik, tentang bantuan UMKM yang diterima warga.

"Kita tidak bisa memprediksikan bagaimana kelanjutan dari permasalahan ini. Namun hal ini akan terus ditelusuri hingga tuntas," ujar dia.

Dia mengharapkan, mudah-mudahan dalam jangka waktu tak lama, masalah ini bisa di usut tuntas dan pelakunya segera diketahui.


Reporter: (Yun.s)

Editor: Ek

Tidak ada komentar