Breaking News

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Sebut Orchid Forest Bisa Jadi Role Model Wisata Berstandar CHSE Untuk Wisman

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Sejumlah anggota Komisi X DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata ke wana wisata Orchid Forest Lembang, Jumat (4/12). Kunjungan Kerja tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf.

Dalam sambutannya, Dede menyebutkan bahwa wana wisata Orchid Forest bisa menjadi role model atau contoh wisata alam terbuka yang akan dipromosikan ke luar negeri pada tahun 2021. Sebab, wana wisata ini sudah menerapkan CHSE (Clean, Health, Safety and Environment). Sehingga, nyaman dikunjungi oleh para wisatawan. 

"Kita tahu semua, akibat dari pandemi covid-19 ini sektor pariwisata menjerit. Terutama PHRI. Oleh sebab itu, kami bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah sepakat mendongkrak kembali pariwisata terutama yang masuk CHSE," ungkapnya.

Dede menilai, wana wisata Orchid Forest memiliki konsep yang luar biasa. Selain itu, kondisi alamnya pun masih alami. Sehingga, memberikan kesan nyaman bagi pengunjung.

Menanggapi hal tersebut, Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi X DPR RI serta para pejabat pemerintah pusat ke kawasan wisata Perhutani KPH Bandung Utara yakni Orchid Forest. Komarudin berharap, kunjungan ini bisa berdampak lebih baik lagi untuk mengembalikan perekonomian masyarakat sekitar hutan di sektor wisata setelah sebelumnya sempat menurun akibat pandemi covid-19.

"Kami bersyukur dengan adanya arahan dari Bupati Kabupaten Bandung Barat mengenai pembukaan kembali objek wisata pada bulan Juni lalu perlahan bisa menghidupkan kembali perekonomian masyarakat sekitar hutan. Seperti diketahui, keberadaan wisata alam hutan lindung ini mempunyai multipllier effect bagi masyarakat. Banyak yang bergantung kehidupan perekonomiannya di sini," jelasnya.

Komarudin menuturkan sejak dibuka kembali, wana wisata Orchid Forest telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, dengan luas sekitar 12 hektar, memungkinkan bagi para pengunjung bisa beraktifitas dengan leluasa tanpa berdesakan. Bahkan, anjuran dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan pun merekomendasikan agar masyarakat berwisata ke area bernuansa alam terbuka khususnya hutan. Sebab, di sana banyak manfaat yang bisa didapat.

Selain anggota komisi X DPR RI, acara ini juga dihadiri komponen pariwisata lainnya. Diantaranya, General Manager KBM Ecotourism Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, perwakilan dari Kemenparekraf, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat, PHRI Kabupaten Bandung Barat, HPI Kebupaten Bandung Barat dan lain sebagainya.

Acara kunjungan kerja ini diakhiri dengan saling bertukar cenderamata antar pihak terkait yang ikut serta dalam acara tersebut. Selanjutnya, ditutup dengan sesi foto bersama.


Reporter: Fajar

Editor: Ek

Tidak ada komentar