Breaking News

Halaqoh Ulama ke-3, Bupati Herdiat : Ulama dan Umara Ciamis Kompak Lawan Pandemi Covid 19

Kabupaten Ciamis - Qjabar.com

Halaqoh Ulama tahun ini berbeda dengan Halaqah Ulama sebelumnya, hal ini dikarenakan pandemi covid 19 belum mereda, Oleh karenanya Ulama dan Umara harus bekerjasama dan kompak melawan pandemi Covid 19.

Menurutnya, salah satu bentuk perlawanan terhadap Covid 19 tersebut yaitu dengan senantiasa mempedomani protokol Kesehatan dengan menerapkan 3M, selain itu dengan tetap berdo'a dan berolahraga sebagai upaya meningkatkan iman dan imunitas tubuh.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan dalam acara  Halaqah Ulama yang ke-3 bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan Halaqoh ke-3 tahun 2020 tersebut mengusung tema "Sehat dan harmoni di masa pandemi" dan dihadiri oleh wakil Bupati, Yana D. Putra, Unsur Forkopimda, SKPD se-Kabupaten Ciamis, Ketua Nahdlatul Ulama Ciamis, Ketua Muhammadiyah Ciamis, Ketua Persis Ciamis, Ketua PUI Ciamis, Ketua FPI Ciamis, Ketuan Hamida Ciamis, Ketua FSPP, para alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan Ciamis serta dilaksanakan secara virtual dan streaming di Chanel Youtube Diskominfo.

Selanjutnya, Herdiat mengatakan jumlah terkonfirmasi positif di kabupaten Ciamis terus meningkat, sampai saat ini tercatat 773 yang terkonfirmasi positif dengan rincian 323 orang sembuh, 32 orang meninggal, 22 orang dirawat dan 431 orang melaksanakan isolasi mandiri.

"Pada momen Halaqoh ini para ulama berkumpul, oleh sebab itu  kami dengan sangat memohon bantuan untuk sama-sama memberikan sosialisai dan edukasi kepada masyarakat untuk senatiasa mempedomani protokol kesehatan," ucap Herdiat.

Dalam  kesempatan itu juga, Bupati Ciamis menyambut baik atas diselenggarakanya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan penguatan eksistensi ulama dalam upaya penanganan Covid 19.

“Kegiatan ini sebagai sarana silaturrahmi antara Alim Ulama dengan Umaro dalam upaya menghasilkan gagasan untuk Ciamis lebih baik”, katanya. 

Diketahui, Acara Halaqah Ulama tersebut dihadiri oleh 6 Narasumber dan pembicara dari perwakilan Ormas Islam di Kabupaten Ciamis.

Drs. KH. Agus Abdul Kholik (NU) dalam pemaparanya mengatakan terdapat 3 upaya yang dapat dilaksanakan dalam menyikapi covid 19. Pertama  komitmen dan disiplin dalam menjalankan dan mengikuti protokol kesehatan, Kedua kesadaran dan disiplin yang teguh dalam membiasakan pola hidup sehat,  Ketiga kesadaran untuk memelihara imunitas rohaniyah.  

Sedangkan H Yadi Mulyadi S.Ag. (Persis) Menuturkan salah satu upayanya yaitu dengan meminta perlindungan hanya kepada Allah SWT. "Upaya apapun yang kita lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sekalipun, itu tidak akan menjamin terbebas dari virus," ucap Yadi.

Dr. H. Iif Taufik El Haque (Muhammadiyah) menyampaikan bahwa covid jangan selalu di identikan dengan kematian, karena masalah kematian ada ditangan Allah SWT. 

"Pencegahan yang disampaikan otoritas berkaitan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak ini adalah hal yang terpenting untuk di perhatikan, oleh karekami para ulama mengambil peran untuk emberikan edukasi pada masyarakat, " Ucap Iif. 

KH. Nonop Hanapi (FPP) mengatakan pertama masyarakat harus  menanggapinya dengan tenang, sabar serta dzikir, yang kedua fisik harus sehat dengan mengkonsumsi yang sehat dan ketiga  tidak boleh kalah dengan keadaan.

H. Nurjamil Alisyahbana (PUI) menyampaikan setiap orang hendaknya harus memiliki kesiapan, siap hidup dan siap mati. Kedua, Menjaga makanan yang sehat dan berolahraga serta yang lebih penting adalah saling mengingatkan. 

"Kewajiban saling mengingatkan adalah tugas bersama baik ulama, umara, agniya, fuqoro dan masakin.  Jika semua bisa bekerjasama tentu kita bisa mengatasi covid 19," Ucapnya. 

Dr. KH. Fadlil Yani Ainusyamsi (FSPP) mengatakan masyarakat harus mempunyai 4 pilar dalam kesehatan pertama, sehat secara jasmani, kedua sehat secara psikis, ketiga sehat secara sosial dan keempat sehat secara spiritual. 

Menanggapi apa yang disampaikan oara narasumber Ketua MUI Kabupaten Ciamis KH. Syaeful Uyun menyimpulkan 4 hal, 

1. Yakini bahwa covid 19 adalah buatan Allah SWT. Yaitu dengan mendekatkan diri kepadaNya. 

2. Allah memerintahkan berusaha, yaitu dengan melaksanakn protokol kesehatan. 

3. Bersatu dan bekerjasamanya ulama dan umara. 

"Kami siap para Ulama untuk mendampingi umaro, dan diperintah atau tidak ulama siap menasehati umara dan begitu sebaliknya, " Jelasnya. 

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan Wawan Arifin melaporkan peserta yang mengikuti Halaqoh tersebut adalah sebanyak 767 orang, 75 orang mengikuti acara secara langsung dan sisanya mengikuti secara virtual di tiap kecamatan yang terdiri dari pengurus MUI dan pemerintah Kecamatan.

Wawan menuturkan di akhir acara Halaqah Ulama tersebut akan diadakan pengundian ibadah umrah untuk 10 orang yang beruntung.


Reporter: Shopia Zihara

Editor: Ek

Sumber: Humas

Tidak ada komentar