Breaking News

Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bandung Barat Selalu Berinovasi Dalam Penanganan Sampah

Kabupaten Bandung Barat - Qjabar.com

Berbicara tentang sampah tentu tidak akan ada habis nya, yang mana selalu saja sampah menjadi bahan pembicaraan yang mengasikan dan keistimewaan sampah bisa dihasilkan dlm sendi sendi kehidupan sehari hari,banyak para fakar fakar sampah yang sudah mencoba mencari solusi solusi untuk penanganan nya sehingga sekarang ini sampah tidak lagi menjadi hal yang menjijikan dan bisa dikatakan sampah sudah menjadi bagian bagian yang dapat dijadikan keuntungan baik untuk usaha rumahan ataupun industri manufakture yang bisa mengolah sampah nya menjadi nilai keuntungan bagi perusahaanya.

Tempat pembuangan sampah ahir. Sarimukti yang menjadi TPA untuk kabupaten Bandung dan Bandung barat Kamis 03 - Desember 2020 .

Dinas Lingkungan Hidup Pemda Bandung Barat yang bekerja sama dengan Kodam III Siliwangi juga Kodim 0609 Louncing penanganan sampah di TPA Sarimukti yang mana hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemda Bandung Barat Ir Apung Poerwoko pada sela kegiatan bersama tentang uji coba program pengolahan sampah terpadu.

Penangan sampah yang ber inovasi dilakukan oleh pihak TNI dalam hal ini Kodam III dan Kodim 0609 bersama Dinas lingkungan Hidup pemda Bandung Barat Dengan adanya kerja sama ini diharapkan menjadi pemecah permasalahan sampah di bandung barat khususnya dan penangana sampah menjadi nilai rupiah.

Salah satu inovasi yang dirintis dari penanganan sampah itu menjadi Magot yang mana magot ini bernilai tinggi untuk protein, penyubur tanah juga pakan ikan dan ternak, dan bukan itu saja dari sampah sampah tersebut bisa dijadikan pupuk organik yang sipat nya menyuburkan tanaman disamping menjaga PH tanah agar selalu subur sehingga bernilai jual tinggi dari hasil tanamanya / buah nya .

Dalam kegiatan itupun disampaikan pemilahan sampah yang ber bahaya atau catagory B3 tentunya ini diolah dengan pembakaran mesin khusus inselator sehingga tidak berbahaya lagi tentunya Sarimukti ini menjadi satu satunya tempat edukasi atau laboratorium sampah yang akan diberdayakan di 16 kecamatan yang ber ada di bandung barat.

"Semoga kerja sama / komitmen antara pemda C/Q Dinas lingkungan Hidup  dengan pihak TNI bisa memberikan terobosan baru dalam hal penanganan sampah khususnya di pemda Bandung Barat.

Pada kesempatan itu Hadir Letkol Yodi ( Dandim 0609 ) para tamu undangan, Pemerhati Lingkungan penggiat Lingkungan dan para petani Magot juga aktifis aktifis lingkungan se Bandung Barat.

lebih jauh ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala dinas lingkungan Hidup pemda Bandung barat ini kepada Pihak TNI yang sudah membantu , "berharap kedepanya nanti pengolahan sampah ini dari Hulu oleh karena selama ini pengolahan sampah hanya dari Aspek Hilir saja, "katanya.

Diharapkan kedepanya nanti Dinas Lingkungan Hidup pemda Bandung barat dapat mengurai sampah dari rumah tangga agar supaya masalah sampah menjadi urusan bersama tentunya dan menjadikan Lingkungan yang Bersih dan sehat. "Pungkasnya.


Reporter:Agus ajhe

Editor:Ek

Tidak ada komentar