Breaking News

Ragam Manfaat yang Bisa Didapat dari Tanaman Jahe


Ani Diany

Jahe adalah tanaman herbal semusim yang dikenal sebagai bahan rempah-rempah dan bahan obat dan tumbuhan ini banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan. Hampir sebagian besar di belahan bumi cukup akrab dengan tumbuhan ini. 

Tanaman ini sesungguhnya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, kesehatan dan obat-obatan.

Secara umum, jahe bermanfaat  sebagai minuman, bumbu masak dan obat. Sebab jahe telah terbukti memiliki efek membunuh bakteri, melawan jamur dan melawan peradangan), dan meningkatkan kekebalan,menghilangkan rasa nyeri, dan memiliki efek perlindungan terhadap saluran pencernaan.

Secara klinik, efek nyata dari jahe adalah untuk menghilangkan gejala mual pada perempuan hamil. Efek lainnya mencegah mual setelah operasi, mencegah mabuk karena perjalanan, dan sakit karena radang sendi.

Di antara manfaat jahe diantaranya; dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi). Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah serta membantu pencernaan dan mencegah mual. Karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Mencegah tersumbatnya pembuluh darah.Kandungan dalam jahe dapat pula mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren.

Jahe bermanfaat meningkatkan gairah seksual,baik dibuat minuman atau dikunyah—bisa meningkatkan gairah seks.Sebab rempah ini mempercepat metabolisme tubuh sehingga tubuh mendapatkan energi seksual yang baru.

Namun yang lebih menarik, jahe adalah tumbuhan/tanaman yang namanya disebut-sebut Al-Quran dan juga digunakan oleh Rasulullah SAW sebagai pengobatan.Dari Abu Sa’id Al Khudri dia menceritakan: “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan.” (HR: Abu Nuaim).

Sementara Allah SWT memujinya dalam salah satu surat yang bunyinya sebagai berikut;

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ (QS: Al Insan ayat 17 )

Para ulama  berpendapat bahwa yang dimaksud di dalam ayat ini adalah minuman surga yang dicampur zanjabil (jahe).

Melihat nilai dan kandungan pada tanaman jahe, dan apa yang telah dicontohkan Rasul SAW serta difirmankan Allah SWT mari kita bersama membudidayakan serta menanam jahe sebab tanaman tersebut tidak memerlukan lahan luas, kita bisa menanam di pekarangan rumah ataupun pot dan alhasil dapat kita rasakan bersama.


(Ani Diany).

Editor: Ek

Tidak ada komentar