Breaking News

PT PLN Jelaskan Kompensasi Terdampak SUTET 500 KV Di Wilayah Cibereng Indramayu

Kab. Indramayu – Q’Jabar.com

PT PLN (Persero) UIP JBT II KJPP Mandirancang Indramayu Jawa Barat, melaksanakan sosialisasi kompensasi tanah, tanaman dan bangunan yang di bawah ruang bebas Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV. Mandirancang Desa Cibereng Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Sosialisasi Sutet  adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien.

Banyak penelitian yang menyebutkan tinggal di dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) ‎dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Di Kabupaten Indramayu terdapat jalur SUTET yaitu berada di Desa Sumuradem Kecamatan Sukra, untuk memastikan pihak PT. PLN (Persero) UIP JBT II KJPP Mandirancang Indramayu adakan kegiatan sosialisasi tentang kompensasi Bangunan dan Tanaman yang di bawah jalur SUTET 500 KV mandirancang Indramayu, di Aula Kantor Desa Cibereng Kecamatan Terisi. Jl. Cikamurang – Jangga, Rabu (30/09)

Tampak hadir dalam acara tersebut Plt. Camat Terisi H. Caswan, S.Pd. Kapolsek Terisi IPTU Hendro Ruhanda. SH, Danramil Cikedung, Kuwu Desa Cibereng, TIM PT PLN (Persero) UIP JBT II KJPP IRPAN dan 40 masyarakat yang terkena dampak saluran SUTET 500 KV di Wilayah Desa Cibereng. 

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi kompensasi PT PLN Persero UIP JBT II KJPP Indramayu Jawa Irfan  mengatakan,”Kegiatan tersebut merupakan sosialisasi kompensasi yang terkena saluran SUTET untuk tanah, tanaman dan bangunan dan di bawah ruang bebas SUTET di wilayah Desa Cibereng, adaapun nominal harga pembayaran 15% x luas tanah x yang terkena saluran SUTET sudah di tentukan oleh pihak PLN.” Ujarnya.

Sedangkan menurut masyarakat kepada Media Q’Jabar.com terkait sosialisasi,” Ini belum ada pemabyaran baru sebatas sosialiasai tapi pasti sesuai tahapan pemberian kompensasi, masih ada tahapan seperti pendatan, inventarisasi dan identifikasi pemilik, Pengumuman hasil inventarisasi dan identivikasi pemilik, pengadaan lembaga penilai, penilaian, penyampaian nilai dan pemberian kompensasi," Imbuhnya

Dalam acara sosilaisasi dan penjelasan ganti rugi yang terkena saluran SUTET tersebut dari pihak masyarakat dan PT PLN (Persero) situasi kondusif.

Reporter: Bang Toy

Editor: Ek

Tidak ada komentar