Breaking News

Proyek P3-TGAI Di Desa Loyang Diduga Sarat Penyimpangan

Cikedung I Kab.Indramayu – Q’Jabar.com

Kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tirta Makmur Daerah Irigasi D.I Ciberang, dengan nilai kontrak sebesar Rp 195.000.000,- yang bersumber dari APBN Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS-Cimancis), Tahun Anggaran 2020 di Desa Loyang Kecamatan Cikedung  Kabupaten Indramayu diduga menyimpang dari aturan kontruksi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Pasalnya, pelaksanaan pengerjaan  kegiatan di lokasi pekerjaan sudah ada bangunan  Tembok Penahan Tanah (TPT) lama, menurut aturan yang seharusnya bangunan lama atau TPT tersebut dibongkar sebelum di bangun TPT yang baru,btetapi pada kenyetaan di lapangan tidak di bongkar hanya di perbaiki biar sama rata dengan pengerjaan yang baru.

Juga  pengadukan tidak menggunakan mesin penghaduk melainkan pake manual aduk pake cangkul di tengah-tengah sawah di duga adukan tersebut barcampur tanah, hasilnya adukan tersebut tidak berkualitas setandar kontruksi dalam pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, mutu pekerjaan kurang maksimal, hal ini diduga keras pelaksana hanya mencari keuntungan tanpa memperhatikan kualitas pembangunan, itu terlihat dari material pasir yang digunakan kualitasnya tidak sesuai standar, disebabkan dari lemahnya pengawasan konsultan pengawas yang mengakibatkan pekerjaan tersebut keluar dari aturan kontruksi.

Saat dikonfirmasi Suma H. Jabidin selaku ketua P3A mitra cai Desa Loyang, “ membenarkan lokasi pengerjaan ada begas bangunan TPT yang lama sengaja tidak dibongkar hanya di tebalkan saja biar kelihatan rata dengan bangunan yang baru.” Ungkapnya. 

Umpama pekerjaan masih  ada  kelebihan anggaran dari yang dikerjakan sekarang sepanjang 250.m x 2,  kanan dan kiri sepanjang 500 meter, kelebihan anggaran bias kami tambahkan lagi.” Imbuhnya H. Jabidin .

 Sementara pihak Konsultan dan Tim Pendamping Masyarakat (TPM) ketika endak di hubungi tidak berada di tempat, makanya kegiatan tersebut di manfaatkan oleh pihak P3A Mitra cai karena  lepas dari pengawasan, di situ terjadi penyimpangan untuk mengurangi matrial dan mencari ke untungan pribadi.


Reporter  : Bang Toy

Editor: Ek

Tidak ada komentar