Breaking News

Banjir Banjarsari, Bupati Ciamis Bersama Wabup Sigap Turun Lokasi Bencana

Banjarsari I Kab.Ciamis - Qjabar.com


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau lokasi bencana banjir di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar, Selasa (27/10). 

Hujan deras menyebabkan air dari Sungai Cikaso dan beberapa anak sungai lainnya meluap.

Banjir terjadi di beberapa titik diantaranya antaranya Desa Cikaso, Tanjungsari, Sindangrasa, Neglasari, Sukasari, Ciherang dan Banjarsari.

Terparah, terjadi di Desa Cibadak, Ratawangi dan Desa Purwasari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. 

Ketinggiannya pun bervariatif dari mulai semata kaki, hingga setinggi lutut orang dewasa. Beberapa kepala keluarga yang terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya, karena ketinggian air terus bertambah.

Ditemui selesai melakukan peninjauan, Herdiat mengungkapkan, kehadirannya di tengah-tengah bencana banjir tersebut untuk melihat langsung kondisi para korban banjir.

Ia menyampaikan keprihatinannya yang sangat mendalam atas terjadinya bencana banjir di Banjarsari.

Herdiat menyampaikan, upaya percepatan penanganan Bencana Banjir pemerintah melalui BPBD Ciamis, Dinas PU, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Kesehatan, dan dinas teknis lainnya akan hadir memenuhi kebutuhan warga korban banjir. 

“Kami telah menginstruksikan untuk segera mendirikan umum dapur umum untuk menyediakan konsumsi bagi warga terdampak banjir. Alhamdulillah saat kita cek sudah ada,” imbuhnya. 

Diketahui Banjir di kecamatan Banjarsari terakhir terjadi sekitar tahun 2016. Kejadian bencana banjir ini nantinya akan menjadi kajian pihak pemkab, agar menemukan solusi agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir lagi kedepannya, kita dari Pemerintah Kabupaten Ciamis akan melakukan kajian khusus untuk penanganan kedepannya,” ungkapnya. 

Bupati Ciamis ini pun menghimbau masyarakat yang terkena banjir, agar tetap selalu waspada, jaga kesehatan dan stamina.

“Kita harus tetap waspada melihat situasi kondisi alam yang belum terprediksi,  BMKG pun menerangkan curah hujan saat ini masih tinggi atau ekstrim. Saya berharap semoga banjir cepat berlalu,” harap Herdiat.

 


Reporter: Shopia Zihara

Editor: Ek

Tidak ada komentar