Breaking News

FORUM KESERASIAN SOSIAL DESA RANCASENGANG GELAR DIALOG TEMATIK KE 1 SEBAGAI UPAYA MENCEGAH KONFLIK SOSIAL DAN POLITIK

Rancasengang I KBB - Qjabar

Forum Keserasian Sosial Desa Rancasengang menggelar Dialog Tematik ke 1 salah satu program Keserasian Sosial Kemensos RI tahun, guna menumbuhkan rasa gotong royong di tengah masyarakat sebagai upaya mencegah konflik sosial dan politik.  Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Provinsi JawaBarat dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Realisasikan program keserasian sosial di Desa Rancasengang, Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat.

Puluhan masyarakat Desa Rancasengang Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat pun ikut berdialog dalam pertemuan kali ini, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Pa. Maman menyatakan bahwa program dialog tematik keserasian sosial merupakan program kementerian sosial dalam rangka penanggulangan bencana sosial, program keserasian sosial ini upaya pemerintah untukmencegah bencana sosial (Konflik Sosial) yang terjadi di masyarakat. Dan kegiatan ini tidak luput dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Setiap kegiatan ada diskusi tematik, da nada dua kali pertemuan, pertemuan pertama yakni tahap perencanaan kegiatan untuk melaksanakan pembangunan kebutuhan masyarakat, dan yang kedua pelaksanaan kegiatan pembangunan menjadi salah satu media atau mediasi untuk masyarakat supaya bisa mempererat ;agi jalinan silaturahminya sehingga bisa tercipta keharmonisan di antara masyarakat dmi mewujudkan Indonesia amandamai, “ Ujar Pa. Maman 

Selanjutnya Pa. Maman mengharapkan dengan pelaksanaan program ini bisa mencegah konflik, menjaga keharmonisan dan menumbuhkan rasa gotong royong diantara masyarakat dan diskusi tematik ini sangat penting untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara masyarakat.

“Melalui program tematik keserasian sosial, bisa meningkatkan rasa memiliki dan tumbuh kedamaian di tengahmasyarakat, “Jelasnya.

Pelaksanaan program keserasian sosial ini dilaksanakan di wilayah yang rawan konflik dan bencana sosial. Jadi saat pertemuan pertama ini warga antar kampong akan menentukan fasilitas apa yang akan direalisasikan untuk menunjang kegiatan yang terararah.

“Untuk dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat focus kami adalah pencegahan, jadi kami yang jemput bola turun ke masyarakat  misalnya melalui kampong keserasian sosial, “Ucapnya.

Secara Terpisah, Ketua Forum Keserasian Sosial Ds. Rancasenganng, Wawan Suwandi, menyatakan bahwa program keserasian sosial tersebut Desa Rancasengang akan diimplementasikan pada jalan Lingkungan dan Air Bersih

Musyawarah keputusan tersebut didapati dari hasil musyawarah setiap unsur masyarakat, termasuk para Ketua RT, RW, Kepala Dusun, Karang Taruna Dan Kepala Desa

“Kami sudah melakukan dialog tematik, bersama beberapa unsur masyarakat, dari dialog tematik tersebut , akhirnya disimpulkan untuk jalan lingkungan dan air bersih dengan harapan bisa mencegah konflik, menjaga keharmonisan sertamenumbuhkan rasa gotong royong masyarakat, “ujarnya.

Wawan juga berpandang bahwa diskusi tematik tersebut sangat penting, untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara masyarakat.

“Dari program tematik keserasian sosial tersebut, bisa meningkatkan rasa memiliki dan tumbuh kedamaian di tengah masyarakat, “pungkasnya


Reporter: Apriawan

Editor: Ek

1 komentar:

  1. KAMI MENAWARKAN PROMO BONUS BULAN INI
    – Bonus New Member 20%
    – Bonus CashBack upto 5%
    – Bonus Harian Live Game 5% upto 2 JUTA
    – Bonus Referral 1% seumur hidup
    – Depo via pulsa TANPA POTONGAN
    – Depo Via Virtual (OVO, GOPAY, DANA, DOKU,LINK AJA)
    Depo 50rb Bonus 10rb. (tidak berlaku kelipatan)
    Promo ini tidak bisa di gabungkan dengan Promo lain.
    Sehari hanya bisa klaim sekali.
    Untuk Itu Mari Bergabung Bersama Kami Raih JUTAAN Rupiah Setiap Harinya Dan
    Berapa Pun Anda Menang Kami Pasti Akan Bayar
    Tanpa Ada Biaya Atw Potongan bisa
    dengan depo pulsa juga lho
    minimal depo hanya Rp. 20.000
    tanpa ada potongan

    https://bit.ly/NomorWhatsapps

    BalasHapus