Breaking News

Curug Cileat, Curug Tertinggi di Subang Yang Bakal Jadi Buruan Para Pelancong

Kab. Subang - Qjabar.com 

Menyimpan potensi alam yang menakjubkan, Curug Cileat digadang-gadang akan menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Subang Selatan. Meski belum dibuka secara resmi sebagai objek wisata, keindahan curug tertinggi di Subang ini ternyata sudah menjadi buah bibir banyak orang.

Asper Cisalak Wawan Irawan mengatakan Curug Cileat ini berada di kawasan hutan Perhutani KPH Bandung Utara BKPH Cisalak RPH Bukanagara. Curug Cileat ini memiliki ketinggian lebih dari 150 meter. Sehingga jatuhan airnya sangat indah. Karena ketinggiannya yang luar biasa ini maka disebut juga Curug Astronot.

"Untuk dikembangkan menjadi objek wisata, tentu harus dipikirkan dulu akses jalannya. Sebab, jarak dari parkir kendaraan ke titik curug saja sekitar 3 kilometer perjalanan kaki," ungkapnya.

Wawan menilai Curug Cileat ini merupakan curug tertinggi di Bandung Timur bahkan se-Jawa Barat. Sehingga, tak heran jika keindannnya sudah terdengar kemana-mana.

"Tentunya kami sudah punya konsep untuk pengembangan wisata. Namun, untuk merealiasasikannya sepertinya harus bekerjasama dengan pihak ketiga," ungkapnya.

Karena letaknya yang berada di kaki gunung, maka untuk bisa menemui air terjun ini Anda harus sedikit menyiapkan tenaga untuk hiking ke kaki Gunung Canggah. Meskipun sedikit sulit untuk bisa mencapai air terjun ini karena akses jalan yang cukup ekstrim, tapi hal itu akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang indah dan Anda bisa melihat beberapa air terjun pembuka sebelum tiba di Curug Cileat.

Tumpahan air Curug Cileat ini membentuk sebuah kubangan atau kolam yang sangat besar sehingga pengunjung dapat bermain air dan berendam di dalamnya. Curug Cileat ini terdiri dua buah air terjun yang berdampingan menempel di atas tebing batu, Curug yang satu debit airnya tidak terlalu besar sedangkan curug satunya lagi jatuhan airnya cukup deras dan besar. Jika Anda berada di sekitar Curug Cileat, hembusan airnya bisa mencapai radius hampir 50 m, semakin Anda mendekat ke air terjun, maka pakaian Anda akan semakin basah.

Yang menjadikan Curug Cileat ini sangat istimewa adalah terdapatnya 5 rangkaian air terjun dan bisa Anda jumpai selama perjalanan. Setiap air terjun memiliki karakteristik yang berbeda dengan air terjun lainnya.


Reporter: Fajar

Editor:Ek

Tidak ada komentar