Breaking News

Masuk Libur Long Weekend, Wisata Batu Kuda Jadi Tujuan Favorit Keluarga di Bandung Timur

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Manfaatkan masa libur long weekend, ratusan wisatawan lokal datang  mengunjungi wana wisata Batu Kuda, Sabtu (22/8). Terpantau, pengunjung di dominasi rombongan-rombongan keluarga kecil.

Petugas Pengelola Wisata Batu Kuda Aan Basyuni Hudaya menyebutkan sejak dibuka pasca tutup sementara akibat pandemi covid-19, jumlah kunjungan ke wisata Batu Kuda terus mengalami peningkatan. Termasuk pada masa libur panjang tahun baru islam 1442 dan moment kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini. Jumlah kunjungan meningkat sampai 50 persen.

"Secara operasional, untuk sementara kami belum membuka fasilitas camping. Meskipun begitu, antusias pengunjung terutama rombongan keluarga ke sini sangat tinggi. Termasuk juga para pengunjung yang berasal dari kalangan milenial," sebutnya.

Aan mengatakan untuk menambah kenyamanan pengunjung, pihaknya berkeinginan untuk menambah beberapa view deck lagi untuk dinikmati pengunjung. Selain itu, harapannya kedepan tracking untuk hiking bisa dipaving block agar lebih aman. Sebab, jika hujan tracknya jadi licin.

"Saat ini kami hanya buka sampai jam 5 sore. Mengingat fasilitas camping belum dibuka. Banyak tujuan hiking yang bisa dituju di sini. Mulai dari situs Batu Kuda, Bukit Papanggungan, View deck dan lainnya. Namun, yang paling berkesan dan sudah bukan rahasia lagi adalah sensasi makan bersama alias botramnya yang terasa nikmat," terangnya.

Terpisah, Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH)  Bandung Utara Komarudin menambahkan pada moment libur kali ini kenaikan pengunjung mencapai sekitar 50 persen dari biasanya. Hal ini terjadi mungkin karena banyak masyarakat yang mulai jenuh dengan aktivitasnya yang terbatas akibat pandemi covid-19.

"Di lokasi kami tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Seperti disediakan sarana mencuci tangan di berbagai titik, wajib pakai masker, cek suhu tubuh, imbauan untuk jaga jarak dan lain sebagainya," katanya.

Komarudin mengatakan wana wisata Batu Kuda ini memang menjadi salah satu wisata favorit di Bandung Timur. Sehingga, tidak heran jika menjadi buruan wisatawan lokal. Selain itu, lokasinya juga tidak jauh dari pintu tol Cileunyi.

"Banyak hal yang bisa dinikmati pengunjung disana. Seperti, keindahan alam hutan pinus beserta kesegaran udaranya, situs batu Kuda, pemandangan indah kota Bandung dan Sumedang yang bisa dilihat lewat viewdeck, sensasi hiking dan banyak lagi," terangnya.
Wisata Batu Kuda sendiri 1 z berlokasi di lereng Gunung Manglayang, tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Batu Kuda dari Kota Bandung menempuh jarak sekitar 20 km, dari Kecamatan Ujung Berung sekitar 9 km, Kecamatan Cicadas dan Cicalengka sekitar 13 km. Akses termudah menuju wilayah ini bisa melalui jalan Cibiru. Dari bunderan Cibiru- Jalan Soekarno Hatta belok kanan ke arah Jatinangor. Tak Jauh dari sana belok kiri ke jalan Sadang dengan menempuh sekira 30 menit. Rute lain bisa melalui jalan SMPN 1 Cileunyi yang memiliki kondisi jalan lebih bagus.


Reporter: Fajar
Editor: Ek

Tidak ada komentar