Breaking News

Wujudkan Kemandirian, Pemdes Sukamaju - Cihaurbeuti Giat Membangun Secara Transparan

Cihaurbeuti I Kab.Ciamis - QJabar.com

Pelaksanaan pembangunan merupakan salah satu agenda yang terus dilakukan pemerintah desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti

Seperti halnya disampaikan Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh kepada Q Jabar.com, Selasa, 14/07/2020.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat terlebih dahulu Pemdes Sukamaju menyusun Rencana Program Pembangunan, hingga pada pelaksanaannya pun diawali dengan perencanaan serta perancangan melalui sebuah musyawarah dusun (MUSDUS) dan dilanjutkan Musyawarah Desa (MUSDES) yang melibatkan pemerintah desa, BPD,LPM dan Lembaga lainnya. Sebab pada dasarnya perencanaan pembangunan harus disesuaikan dengan aspirasi masyarakat, kebutuhan serta peraturan yang berlaku.Ucapnya.

Ia pun menambahkan di desa Sukamaju sendiri pada saat ini sedang giat-giatnya melakukan pembangunan berbagai sektor baik infrastuktur jalan,pertanian,lingkungan,usaha desa,wisata desa dan lain sebagainya.

hal tersebut Ia lakukan guna meningkatkan kesejahteraan warganya melalui pembangunan sekaligus menggenjot pemberdayaan masyarakat yang ada dilingkungan nya, pasalnya ibarat kata manusia mati meninggalkan nama harimau mati meninggalkan belang, intinya Ia ingin memberikan yang terbaik bagi warganya semasa hidupnya.
Dan hal tersebut pun menjadi motivator dalam menjalankan tugas dan amanatnya sebagai Kepala desa.
Ia pun menambahkan dalam setiap pelaksanaan pembangunan yang ada di desanya senantiasa dilaksanakan melalui musyawarah dan mufakat sebagai bentuk transparan terhadap warga desanya sebab sekecil apa pun warganya harus mengetahui sumber anggaran dan berapa jumlah yang diterima.

Dalam hal pembangunan dan mekanismenya pun selalu bermusyawarah dan tertuang dalam berita acara. Tuturnya

Hal yang sama pun  Kaur Keuangan Desa Sukamaju Tarso menambahkan, pada saat ini pun pemdes Sukamaju telah dan sedang melakukan pembangunan yang bersumber dari APBD Kabupaten Ciamis melalui Bantuan Keuangan yang telah disalurkannya, salah satunya melaui Pengerasan Jalan Usaha Tani ( JUT) di dusun Cikujang Tonggoh sebesar Rp.100 Juta rupiah, Tebing Penyangga Tanah ( TPT ) Jl.Poros Desa di dusun Sukamaju sebesar Rp.75 Juta Rupiah, Penataan Situs Keramat Depok di dusun Sukamaju Hilir sebesar Rp. 50 Juta rupiah dan Pipanisasi Air Bersih di dusun Cibulakan sebesar Rp. 50 juta rupiah. Terangnya.

Ia pun menambahkan adapun pembangunan lainnya yang telah dilaksanakan yakni Tebing Penyangga Tanah ( TPT) Jalan Desa di dusun Cikujang Girang sebesar Rp.100 jt rupiah. Tegas Tarso

Disamping itu ia pun menegaskan, bahwa setiap program pembangunan yang ada di desanya selalu transparan salah satunya dengan dipasangnya papan proyek dan dalam pelaksanaan pembangunan selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat guna menghindari hal- hal yang tidak diharapkan. Terangnya.

Akhir kata atas nama pemerintah desa Sukamaju menghaturkan terima kasih atas bantuan  keuangan yang diberikan Pemda kab.Ciamis terhadap warga desanya,semoga hal tersebut menjadi kebaikan bagi kita semua.Pungkas Tarso.



Reporter: Didi
Editor: Ek

Tidak ada komentar