Breaking News

Lebih Awal Pemdes Sumberjaya Menggelar RKP Desa Tahun 2021

Cihaureuti I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Bertempat di Aula desa Sumberjaya kec.Cihaurbeuti, pemdes Sumberjaya melaksanakan RKP Desa ( Rencana Kerja Pemerintah Desa ) Tahun 2021 yang dihadiri BPD,LPM,Pendamping Desa, PKK,Babinsa,Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat.
RKP Desa tersebut dilaksanakan sebagai penjabaran RPJM Desa. Sabtu,04/07/2020.

Kepada qjabar.com Pjs Kades Sumberjaya Asep Komarudin menyampaikan, RKP Desa sesuai yang telah ditetapkan pemerintah desa dilaksanakan lebih awal di bulan Juli tahun ini, pasalnya RKP Desa menjadi dasar penerapan APB Desa, dimana Ia selaku Pjs Kepala Desa berkeinginan lebih cepat dalam menyusun RkP Desa dengan mengikut sertakan masyarakat desa dan diharapkan seluruh usulan dan perencanaan dapat berjalan dengan baik.
Hal tersebut sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri ( Permendagri ) Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.Terangnya.

Dan alhamdulillah, berkat kerjasama dan sinergitas yang dibangun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lebih awal  telah menggelar musyawarah dan sekaligus menyusun Rencana Pembangunan Desa yang menjadi pedoman bagi pemerintah desa
guna menyusun rancangan RKP Desa dan daftar Usulan RKP Desa.

Dan tentunya hal ini pun melalui mekanisme dan prosedur, dengan dibentuknya tim verifikasi sesuai dengan jenis kegiatan  yang dibutuhkan.

Disamping itu Tim penyusun RKP Desa melakukan pencermatan pagu indikatif Desa yang terdiri dari
rencana Dana Desa yang bersumber dari APBN, rencana Alokasi Dana Desa (ADD) yang merupakan bagian dari Dana Perimbangan, rencana bantuan Keuangan dari APBD provinsi dan APBD Kabupaten. Paparnya.

Akhir kata Asep Komarudin menghaturkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam pembahasan RKP Desa Tahun ini yang meliputi rancangan dan Usulan kegiatan pemerintahan,pemberdayaan,ekonomi dan pembangunan. Dan hal tersebut sudah ditetapkan melalui keputusan kepala desa. Pungkas Asep Komarudin.



Reporter : Didi
Editor: Ek

Tidak ada komentar