Breaking News

Kecamatan Cihaurbeuti Berpotensi Kembangkan Wisata Desa Dongkrak Ekonomi Warga

Cihaurbeuti I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Kecamatan Cihaurbeuti merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Ciamis sebagai pintu gerbang  berbatasan dengan kota/kab.Tasikmalaya  dan disebelah utara dengan Gunung Sawal,  Cihaurbeuti memiliki wisata alam,budaya dan aneka ragam pesona keindahan alam,kaya akan sumberdaya alam dan aneka ragam home industri.

Kecamatan Cihaurbeuti terdiri dari 11 desa, 67 Dusun dan 111 RW dengan luas wilayah kurang lebih 36,19 Km.

Pada perkembangannya saat ini setelah adanya Dana Desa di era Presiden Joko Widodo sebagian besar desa telah mampu membuka lahan yang tadinya tidak produktif menjadi kawasan perkebunan dan wisata desa. Salah satu contoh objek Wisata kampung Saladah dan Curug Pancasona di desa Pasirtamiang, Curug Salosin di desa Sukahurip, Bumi Perkemahan dan Curug Seda di desa Padamulya, Kebun Wisata Kopi Datar Bontang di desa Sukamaju,Water Boom di desa Sukahaji dan lain sebagainya.

Dalam hal ini seiring berjalannya waktu, potensi Wisata Desa yang ada di kec.Cihaurbeuti keberadaannya mulai dilirik dan digemari oleh para Wisatawan lokal maupun domestik.

Bersamaan dengan hal tersebut maka dibutuhkan peningkatan pembangunan wisata desa melalui kepariwisataan dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat guna menggenjot perekonomian desa.

Dan dalam aktivitasnya pun dibutuhkan dukungan lapisan masyarakat dan perhatian serius dari kita semua,hal tersebut untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan, mewadahi peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, meningkatkan nilai kepariwisataan serta memberdayakannya bagi kesejahteraan masyarakat, dibutuhkan keikut sertaan dalam mensukseskan pembangunan kepariwisataan yang ada di desa.

Menurut kami salah satu tujuan desa wisata adalah untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi sebagai daya tarik wisata di wilayahnya agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung, serta memiliki kesadaran akan peluang dan kesiapan menangkap manfaat dan hasil yang dapat dikembangkan dari kegiatan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat .

Maka harus diingat tujuan utama pembentukan Desa Wisata untuk meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai subjek atau pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan, serta dapat bersinergi dan bermitra dengan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan di desanya, membangun dan menumbuhkan sikap dan dukungan positif warga masyarakat sebagai tuan rumah melalui perwujudan nilai dan tata kelola agar tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di desa dan manfaatnya bagi pembangunan desa maupun kesejahteraan masyarakat sekaligus memperkenalkan, melestarikan dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata yang ada di masing-masing desa.

Hal tersebut akan dapat kita rasakan bersama dari fungsi desa wisata itu sendiri, dimana merupakan sebagai wadah langsung bagi masyarakat akan kesadaran adanya potensi wisata dan terciptanya Sapta Pesona di lingkungan wilayah di destinasi wisata dan sebagai unsur kemitran baik bagi Pemerintah daerah maupun propinsi dalam upaya perwujudan dan pengembangan kepariwisataan yang ada di desa.

Tentunya dalam pengembangan,pemanfaatan lahan dan sinergitas yang telah dilakukan Pokdarwis desa,kecamatan dan pemangku kebijakan daerah pada khususnya di kec.Cihaurbeuti, kami sangat mengafresiasi dan berterimakasih atas upaya yang telah dilakukan "Semangat dan Sukses Untuk Kita Bersama".

Cecep Hendra : Staf ASN kec.Cihaurbeuti

Tidak ada komentar