Breaking News

Sebanyak 200 Pedagang Pasar Soreang Menjadi Peserta Rapid Test Covid-19

Kabupaten Bandung - Qjabar.com

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bandung gencar melakukan rapid test covid-19 di kawasan pasar. Hal itu dilakukan untuk mencegah timbulnya klaster baru pandemic global tersebut.

Sebanyak 200 pedagang Pasar Soreang menjadi peserta kegiatan Rapid Test Covid-19. Dalam lima kali pelaksanaan tes di kawasan pasar tersebut, tidak ditemukan kasus positif.

Bupati Dadang Naser mengatakan, bila ditemukan kasus positif maka akan dilakukan tes berkala di titik ditemukannya kasus tersebut. Ia menegaskan tidak akan menutup aktivitas pasar sebagai salah satu roda perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Popi Hopipah mengatakan, rapid test ini akan dilakukan secara berkala di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Bandung.

Nantinya, jika dalam rapid test ditemukan hasil reaktif, maka warga tersebut harus menjalani tes swab. Tes swab ini harus dilakukan karena hasil reaktif pada rapid test tidak pasti positif covid-19.

"Kemarin ada yang reaktif, tapi itu belum tentu positif sehingga dilakukan swab," jelas Popi 

Menurut Popi, di Kabupaten Bandung total ada 27 pasar baik itu yang dikelola Pemkab Bandung ataupun pihak swasta. Nantinya, rapid test akan dilakukan di pasar-pasar tersebut.

Untuk mencegah penyebaran covid-19 di pasar tradisional, tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Kabupaten Bandung terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar warga menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di pasar.

"Pemerintah kabupaten Bandung sudah menyebarkan masker, tapi sayang masih saja ada yang belum menggunakan masker," ujarnya.


Reporter: Yun
Editor: Ek

Tidak ada komentar