Breaking News

DPMPD Kabupaten Ciamis Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan DD Tahap 1 Tahun 2020

Cihaurbeuti  Kab.Ciamis - Qjabar

Kedatangan Tiem monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan Desa yang bersumber dari Dana Desa Tahap I Tahun 2020, DPMPD Kab.Ciamis disambut baik dan antusias perangkat desa se Kec.Cihaurbeuti. Salah satunya kehadiran Staf DPMPD Kasi Kelembagaan Masyarakat dan Desa Dedi Somantri, pasalnya Dedi Somantri merupakan sosok Familier dan putra terbaik kec.Cihaurbeuti.

Kepada Qjabar.com Dedi Somantri menuturkan, Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa Tahap I Tahun 2020 yang sudah di bentuk, kembali melaksanakan monev di Kecamatan Cihaurbeuti sesuai jadwal dan agenda yang sudah ditentukan.

Pembinaan pun sudah berjalan dan kali ini menyasar Desa-desa yang berada di Kec.Cihaurbeuti.

Tim monev di terima langsung oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa  dan staf desa lainnya, didampingi Kasi Pemerintahan dan Kasi Pembangunan dengan mengajak anggota Tim Evaluasi dan monitoring pengelolaan keuangan Desa di masing-masing desa..
Sebelum pembinaan di mulai, DPMPD kab.Ciamis Dedi Somantri selaku Tiem monev menyampaikan, tujuan diselenggarakannya monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan Desa. Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan Desa yang lebih epektif, efisien, partisipatif dan akuntabel.Tuturnya.

Ditambahkan Dedi Somantri, monev kali ini tertuju pada infrastuktur pembangunan desa dan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) desa. 

Disampaikan itu pula diharapkan, agar desa betul-betul mengelola Dana Desa dengan baik, agar tepat sasaran dan bisa memberdayakan masyarakatnya guna menurunkan angka kemiskinan masyarakat sendiri, sesuai regulasi yang ada Permendagri Nomor 20 tahun 2018 Tentang pengelolaan Keuangan Desa. Serta tidak lepas dari perencanaan yang bagus mulai dari RPJMDes, BA Musdes, RKP Desa dan APBDesa. Selain itu'tidak lepas dari persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban. Pungkas Dedi Somantri.

Sementara ditempat terpisah PJS Kades Sumberjaya Asep Komarudin saat dimintai keterangan Qjabar.com, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Monev Kabupaten Ciamis melalui DPMPD. Beliau berharap nantinya usai monev pengelolaan keuangan Desa, perangkat Desa bisa melaksanakan dengan baik, serta menerapkan apa yang menjadi arahan ataupun tetap berpedoman dengan regulasi yang ada, sesuai Permendagri No.20 Tahun 2018 tentang pengelolaan Keuangan Desa.

Diminta perangkat Desa memahami serta mengikuti materi yang disampaikan oleh DPMPD Kab.Ciamis melalui monev tersebut., dalam hal ini memberikan materi mulai dari perencanaan, persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban di dalam keuangan Desa. Tuturnya.

Reporter:DIDI
Editor: Ek

Tidak ada komentar