Breaking News

LSM Centra Indonesia Bentuk Orkes Melayu Pedesaan

Kab. Ciamis - Qjabar.com

Guna mempertahankan seni dan budaya, LSM Centra Indonesia membentuk Grup Orkes Melayu Pedesaan, salah satunya bertujuan memberdayakan masyarakat sekaligus ngamumule seni dan budaya.

Kepada qjabar.com Ketua Umum LSM Centra Indonesia, Rabu,13/05/2020.Asep Herdis,S.H menyampaikan, seni bukanlah panglima dalam kehidupan manusia, namun melalui seni ada ekspektasi terjadinya transformasi nilai ke arah yang lebih positif, mengingat di dalam kesenian terkandung beragam nilai kemanusiaan. "Pembangunan peradaban manusia selalu diwarnai atau identik dengan membangun nilai tersebut, karena itu kita melakukan berbagai kegiatan untuk mengembangkan nilai budaya," ungkapnya.

Ditambahkan Asep, tugas utama yang lazimnya dilakukan oleh masyarakat adalah mempertahankan, melestarikan, menjaga serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya. "Kita harus mempertahankan dan menjaga seni budaya Melayu agar tidak terkontaminasi dari budaya asing, walaupun tidak mudah upaya-upaya pelestarian budaya, kita harus tetap optimis dengan berbagai cara, salah satunya LSM Centra Indonesia sangat mendukung kegiatan yang sifatnya memperdayakan masyarakat guna mencari bibit serta mengembangkan bakat yang diharapkan dapat menggali potensi pariwisata dan budaya ditiap daerah dan saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda untuk dapat melestarikan budaya Melayu agar tidak hilang ditelan zaman," lanjut Asep

Tidak hanya itu Asep menambahkan, keanggotaan Grup Orkes Melayu Pedesaan ini terdiri dari kab.Ciamis dan Tasikmalaya, melalui seni diharapkan sebagai pemersatu dan pengembangan bakat anak muda agar terhindar dari pergaulan negatif, sekaligus sebagai upaya menjalin tali silaturahmi. Ucapnya.

Ditambahkan Asep, Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Panaragan kec.Cikoneng yang telah membantu dan menyambut baik kehadiran Grup Orkes Melayu Pedesaan yang Ia garap dengan melibatkan anggota LSM beserta pengurus desa mulai dari LPM dan Aparatur Desa, diharapkan hal ini sebagai perekat dan pemersatu terjalinnya silaturahmi antar lembaga dan pemerintah serta bertujuan menggali potensi dan bakat yang ada di masyarakat. Pungkas Asep Herdis,S.H

Reporter:DIDI
Editor: Ek

Tidak ada komentar