Breaking News

Pondok Darussalam Rajapolah Jadi Tuan Rumah Manasik Haji PAUD

Rajapolah I Kab.Tasikmalaya - Qjabar.com

Sebanyak 1600 anak Kelompok Bermain (KOBER) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Tasikmalaya Utara yang dinaungi oleh HIMPAUDI kabupaten Tasikmalaya  menggelar manasik haji. Pondok Darussalam  Kampung Narunggul Kelurahan Tanjungpura Kecamatan Rajapolah  Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.Tempat yang diambil peragaan manasik haji PAUD di lapangan Pondok Darussalam Rajapolah.

Kegiatan manasik haji ini digelar dalam rangka memberikan edukasi kepada anak didik yang masih berusia dini melalui wisata religi. Ini sesuai tujuan kegiatan yakni melalui wisata religi manasik haji kita bangun kesalehan sosial sejak dini. Minggu 01/03/20.

"Sejak dini sudah seharusnya kita pendidik dan orangtua mengajak anak anak mengenal kegiatan dan tempat tempat ibadah umat muslim," kata pimpinan pondok Darussalam KH.Ahmad Deni Rustandi,M.Ag.

Dipilihnya Komplek Pondok Darussalam karena dilokasi tersebut terlengkap untuk melaksanakan manasik haji dan tempatnya luas.

Simbol simbol yang merupakan tempat ibadah dan kegiatan haji dibuat dilokasi ini.
Mulai dari miniatur ka'bah lengkap dengan replika agar ashwat, Padang Arafah replika tempat lempar jumroh hinggga Bukit Shafa dan Bukit Marwah.

Saat melaksanakannya manasik haji tak hanya anak anak Paud  saja yang melaksanakan namun juga para orangtua dan guru mengikuti.
Dalam manasik haji instruktur memberikan contoh mulai dari memakai pakaian ihram, tahapan dalam ibadah haji, bacaan bacaan serta apa saja yang dilaksanakan saat menunaikan ibadah haji.

"Minimal kita telah mengenal lebih dulu apa saja yang dilakukan saat ibadah haji baik untuk anak anak, orangtua maupun pendidik di Paud dan semoga para peserta manasik haji menjadi anak -anak yang soleh. "Tambah KH.Ahmad.

Sementara,Yanti salahsatu orangtua peserta manasik haji mengaku sangat mendukung kegiatan. Apalagi tidak dipungkiri kadang orangtua lupa mengenalkan hal hal seperti yang dilaksanakan.

"Terus terang karena kesibukan kita lupa mengajarkan dan mengenalkan kepada anak anak makanya kegiatan seperti ini sangat mendukung sekali," kata yanti.


Jurnalis :(dan)
Editor: Ek

Tidak ada komentar