Breaking News

Kelompok Tani Panaragan,Penyuluh Pertanian dan Kehutanan Gandeng Karang Taruna Melalui Gerakan Tanam Pohon

Cikoneng I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan dan perestarian alam, kelompok tani panaragan melaksanakan penanaman 1500 bibit pohon di seluruh lahan yang ada di desa Panaragan kec.Cikoneng sebagai upaya untuk mencegah bencana banjir,erosi dan longsor serta guna menumbuhkan kecintaan warga masyarakat pada lingkungan.

Kepada qjabar.com, Imron selaku ketua kelompok tani menuturkan, penanaman tersebut telah melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk para Karang Taruna Desa.

"Penanaman 1500  pohon dimulai hari ini, di lahan-lahan kritis yang ada di desa Panaragan dan tersebar hampir diseluruh dusun yang ada, salah satunya di Gunung Payung Poncong,panyingkiran,peuteuy gede,pereng dan dusun Cinaga. Lahan tersebut merupakan lahan milik warga. Ucapnya. 

Imron menambahkan, dalam acara ini, disaksikan dan dihadiri penyuluh Kehutanan,Pertanian, Staf BP3, BABINKAMTIBMAS,Perangkat desa,para kepala dusun dan Karang Taruna Desa. Diharapkan moment ini sebagai ajang silaturahmi guna memperkokoh hubungan erat antar penyuluh kecamatan dengan pelaku tani dan warga masyarakat. 
Ia pun menambahkan bantuan benih pohon tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab.Ciamis yang diterimanya secara gratis. Dan Ia berharap kepada seluruh penerima manfa'at , setelahnya ditanam warga masyarakat dapat memelihara dan merawatnya agar tumbuh kembang tananam tersebut dengan baik. Pungkasnya.

Sementara Penyuluh Kehutanan Eem, S.P  menambahkan, prorgam Gerakan Tanam Pohon (GTP) merupakan program Gubernur Jawa Barat, intinya sebagai antisipasi bencana alam baik banjir,erosi dan tanah longsong serta diharapkan warga masyarakat cinta lingkungan. Paparnya.

Dirinya pun mengapresiasi atas apa yang dilakukan Imron selaku Pengurus Kelompok Tani yang telah membentuk tim karang taruna desa untuk dilibatkan dalam program GTP. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Gerakan Tanam Pohon. Katanya.

Semoga rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan hari ini, membuahkan hasil dikemudian hari, dan kita senantiasa mencintai lingkungan demi kelestarian alam. Pungkasnya.

Jurnalis.(DIDI)
Editor: Ek

Tidak ada komentar