Breaking News

Dampak Adanya Virus Corona, Harga Jahe Menurun Daya Pembeli Hingga 20%

Sindangkasih I Kab Ciamis - Qjabar.com

Wabah virus Corona jenis baru (COVID-19) di sejumlah negara termasuk Indonesia berimbas pada meroketnya harga jahe  dan menurunnya daya pembeli hingga 25 sampai 30%di pasar Sindangkasih Ciamis
Selasa (18/03/2020)

 Harga jahe biasa dan jahe merah masing-masing terpantau meroket hingga mencapai Rp 60 ribu dan Rp 70 ribu dari kondisi normal yang hanya Rp 30 ribu dan Rp 35 ribu per kilogram.
Kenaikan harga jahe di antaranya terlihat di Pasar Sindangkasih pasar ini, jahe jenis biasa dijual Rp 20.000 per kilogram, sedangkan jahe merah dibanderol Rp 60.000 per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Sindangkasih Ciamis bernama H Sukandar menyatakan kenaikan harga jahe salah satunya karena banyak dicari pembeli. "Sekarang jahe lagi mahal harganya Rp 60.000 per kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp 30.000," ucapnya.

Lonjakan permintaan jahe itu terjadi usai diumumkannya warga negara Indonesia yang positif virus Corona beberapa waktu lalu. Dalam sehari, jahe bisa terjual hingga tiga kilogram. "Saya juga bingung kenapa naik banget, mungkin sedang ada wabah virus corona kata orang-orang bisa menjadi penangkal virus," ujar H Sukandar

Sementara Ketua Pasar  Sindangkasih Jaja menyatakan pengunjung menurun 25 sampai 30%
Pasar tidak seramai hari hari sebelumnya
Harapannya semoga wabah virus Corona cepat berlalu, "pungkas Jaja.

Reporter: (HH)
Editor: Ek

Tidak ada komentar