Breaking News

AHY Terpilih Secara Aklamasi Menjadi Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025

Jakarta pusat - Qjabar.com

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum masa bakti 2020-2025, menggantikan Ketua Umum masa bakti 2015-2020 Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, dalam Kongres V Partai Demokrat yang berlangsung Minggu (15/3) di Jakarta. Kongres juga menerima laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus Pusat 2015-2020.

Keputusan aklamasi ini disampaikan oleh Ketua Sidang EE Mangindaan setelah mendengar pandangan umum yang disampaikan Ketua DPD PD Papua Barat Abdul Faris Umlati, mewakili para Ketua DPD dan para Ketua DPC dari seluruh Indonesia serta para pemilik suara lainnya yang hadir dalam Kongres ini.

“Setelah kami melakukan verifikasi administrasi calon Ketua Umum dan dinyatakan memenuhi persyaratan, maka berdasarkan pasal 25 ayat 6 dan ayat7 Peraturan Tata Tertib Kongres telah ditetapkan secara aklamasi Bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat masa bakti 2020-2025,” kata EE Mangindaan, “Apakah ini dapat disetujui?” 
Hadirin bergemuruh berteriak, “Setuju!” EE Mangindaan mengulang sekali lagi, “Setuju?” Dengan lebih bergemuruh lagi, hadirin berseru, “Setuju!” Yel-yel, “AHY..AHY!” terdengar dari berbagai sudut ruangan.

AHY berdiri melambaikan tangan dan dengan tegap kemudian berjalan ke arah meja Pimpinan Sidang di panggung, dan menerima pataka bendera Partai Demokrat. Dengan penuh semangat, AHY mengibar-ngibarkan bendera Partai Demokrat, disambut tepuk tangan riuh dari para peserta sidang. 

Kongres V Partai Demokrat ini merupakan hajat lima tahunan partai dan merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi dalam partai. Pelaksanaannya pada tahun ini disesuaikan dengan tahap-tahap penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, termasuk tenggat waktu pendaftaran calon kepala daerah pada awal Juni. Penyelenggaraannya dibuat sederhana dengan tetap khidmat dan berwibawa, menyesuaikan diri dengan suasana keprihatinan nasional akibat ancaman wabah virus Corona Covid-19 serta wabah demam berdarah. 

Panitia penyelenggara mengikuti semua persyaratan perizinan yang diminta Gubernur DKI maupun Kapolda Metro Jaya, termasuk menerapkan protokol Corona secara ketat. Peserta yang diundang hanya para pemilik suara, yaitu 34 Ketua DPD dan 514 Ketua DPC sehingga jumlah peserta tidak sampai 1.000 orang. Semua peserta yang datang wajib membawa surat keterangan sehat dan dicek suhunya satu persatu sebelum memasuki ruangan. Jika suhunya lebih tinggi dari suhu normal, peserta ybs langsung dibawa ke kamar terpisah untuk pengecekan lebih lanjut. Lebih dari 30 dokter dan tim paramedis bersiaga selama acara berlangsung, demikian juga tim evakuasi yang dilengkapi dengan Alat Pengamanan Diri serta ambulans. Empat rumah sakit rujukan sudah siap menerima pasien, jika ada.


Reporter: (Dodi)
Editor: Ek

Tidak ada komentar