Breaking News

TNI Kostrad Bersama Warga Cigantang Lakukan Gotong Royong Bersihkan Saluran Daerah Air Sungai (DAS)

Mangkubumi I Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Dalam rangka menyambut HUT TNI KOSTRAD ke 59 tahun, dan Jajaran TNI  Tasikmalaya serta  menggelar  gotong royong dengan membersikan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kampung Cigantang Girang Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Dalam karya bakti TNI tersebut, puluhan peserta dilibatkan mulai dari ratusan personil TNI-POLRI, BPBD,Satpol PP dibantu warga sekitar bahu membahu membersihkan DAS Cigantang  sepanjang 500 meter, Selasa(26/2/2020).

Pasi Log Brigif Raider 13/1 Galuh Kostrad Kapten Infranti Firman Permana mengatakan,  kegiatan karya bakti tersebut sebagai rangkaian acara HUT KOSTRAD ke 59 yakni mengadakan gotongroyong di saluran draenase alinran sungai, dengan mengelola lingkungan khususnya pengelolaan persampahan dengan lebih baik, serta mengajak seluruh komponen lainnya untuk bersama-sama guna menjaga sungai-sungai sebagai peruntukannya, bukan sebagai tempat pembuangan sampah sehingga mengurangi dampak pada tercemarnya air.

“Kegiatan gotong royong adalah salah satu wujud komitmen untuk mengajak bersama sama dengan masyarakat secara gotong-royong melaksanakan kebersihan di sungai Cigantang Rw 07 Kecamatan Mangkubumi sepanjang 500 meter, guna menghindari terjadinya banjir.Hal ini merupakan sosialisasi go green kepada masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kami  berharap, kegiatan karya bakti TNI dengan bersih-bersih sungai Cigantang  ini bisa memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk menjaga sungai dan yang terpenting masyarakat kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah di Sungai bisa diminimalisir”, katanya.

Sementara,Ketua ARWT Kecamatan Mangkubumi H Enjang Jenal Mutaqin mengatakan memang diakuinya bahwa kegiatan bergotong royong saat ini sudah mulai berkurang,"dengan adanya kegiatan karya bakti dari Brigif Raider 13/1 Galuh bersama Kodim 0612/Tsm, Danlanud Wiriadinata, Polri yang dalam hal ini anggota Polsek Mangkubumi, BPBD, Kolintas dan yang lainnya dapat menjadi motivasi masyarakat untuk kembali bergotong royong,kami atas nama masyarakat Kelurahan Cigantang dan masyarakat Kecamatan Mangkubumi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan pembersihan diwilayah kami,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut personil yang terlibat dalam kegiatan Karya Bakti antara lain
23 org anggota Brigif R 13/1 Galuh Kostrad dipimpin Pasi Log Brigif Raider 13/1 Galuh Kostrad Kapten Inf.Firman Permana, 10 orang anggota Kodim 0612/Tsm dipimpin Babinsa Kelurahan Mangkubumi Serma Ogi Hakiki, 12 orang anggota Lanud Wiriadinata Tasikmalaya dipimpin Peltu Nopi, 8 orang anggota Polsek Mangkubumi dipimpin Kapolsek Mangkubumi Iptu Endang Wijaya, S.Sos 10 org anggota SatPol PP Kota Tasikmalaya dipimpin Jejeng, 10 org Dinas PUPR bidang kerja PSDA (Pemeliharaan Smber Daya Air) Kota Tsm dipimpin Kasi Operasi dan Pemeliharaan PSDA.Opik, 3 org anggota PSDA Provinsi Jawa Barat.

Dipimpin anggota perwakilan TPOP/Tugas Pembantuan Operasi dan pemeliharaan Ukandar,, 8 org anggota BPBD dipimpin Kepala BPBD Kota Tasikmalaya H. Ucu Anwar, 6 orang anggota Sapma (Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila dipimpin Muhammad Edwin Prasetia, Anggota Kolintas (Komunitas Lingkungan Tasikmalaya) dipimpin Ketua Kolintas Indra sebanyak 10 orang, dan Warga masyarakat Kp. Cigantang Girang RT. 002/007 Kel. Cigantang Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya sebanyak 30 orang.

Kepala BPBD H.Ucu Anwar memaparkan kegiatan ini murni inisiatif dari masayarakat komunitas KOLINTAS yang harus digelorakan, BPBD mengapresiasi dan mendorong terus kegiatan poditif sehingga komunitas juga bisa memberikan ketauladan kepada masayarakat  bahwa kebersihan bukan hanya dilakukan oleh pemerintah dan ini tanggung jawab bersama. " Kebersamaan gotongroyong ini harus terus dibangun,dan masayarakat harus terus disentuh kepeduliannya dan BPBD mendorong kegiatan ini untuk terus dilakukan."Harapannya.

Jurnalis :(Dan)
Editor:Ek

Tidak ada komentar